Sancik : Konsultasi Terkait Pembangunan Desa harusnya ke DPMPD

Ketua DPD Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Musi Rawas  Moh. Sancik
Musi Rawas, -MA - Menanggapi sejumlah Kepala Desa yang berasal dari Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas, telah mengadakan audiensi dengan pengurus Forum Kemasyarakatan Mura Sempurna (FKMS), yang ditayangkan di media publikasirakyat.com, Selasa (24/03/2020). 

Ketua DPD Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Musi Rawas Moh. Sancik saat di wawancarai www.mediaadvokasi.com diruang kerjanya (24/03/2020) menanggapi perihal audiensi tersebut, mengatakan memang sangat yang diharapkan antara Penyelenggara Negara dan LSM/NGO Non Pemerintahan sebagai Kontrol sosial saling bersinergi dalam kemajuan suatu Daerah. "Bersinerginya Pemerintah Desa dengan LSM dan NGO di Musi Rawas memang tidak dipersalahkan tetapi kalau FKMS menjadi tempat untuk menanyakan dan konsultasi terkait pembangunan Desa, terlebih lagi terhadap penggunaan dana desa, itu tidak tepat". urai sancik

Diulas dari publikasirakyat.com salah satu Oknum Kepala Desa Kecamatan Sumber Harta yang mengungkapkan “Semoga dengan ini kami bisa bersinergi kedepannya. Kami juga ada tempat untuk menanyakan atau konsultasi terkait pembangunan desa yang baik dan benar,” ungkap salah satu kades, Jumali.

Atas kutipan tersebut, Sancik menilai ada tempat untuk menanyakan atau konsultasi terkait pembangunan desa yang baik dan benar, "tindakan yang dilakukan kurang tepat seharusnya Pemerintahan Desa yang ada di Kabupaten Musi Rawas sudah siap bekerja secara Profesional dikarenakan Pemerintahan Desa telah menjalani Bimbingan Teknis (Bimtek) baik diadakan diwilayah kabupaten Musi Rawas maupun diluar Daerah". Jelasnya

"Selain dari itu ada DPMPD Kabupaten Musi Rawas yang merupakan tepat untuk Pemerintahan Desa konsultasi terkait pembangunan desa masing-masing, baik pembangunan yang berbentuk  fisik maupun yang pemberdayaan, Sarana dan Prasarana Desa dan Kawasan Perdesaan, dengan tugas membantu Kepala Bidang menyiapkan bahan perumusan, penyusunan, koordinasi, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan kebijakan dibidang pembangunan, sarana dan prasarana desa dan kawasan perdesaan". ungkapnya.

Untuk diketahui, Forum Kemasyarkatan Mura Sempurna (FKMS) ini merupakan kelompok LSM/NGO yang tergabung di Musi Rawas yang pelantikannya dilakukan oleh Bupati Musi Rawas Ir. Hendra Gunawan di pendopoan Kabupaten Musi Rawas beberapa waktu yang lalu, dibentuknya forum ini merupakan wujud dari seluruh cita-cita LSM dan NGO di kabupaten Musi Rawas dalam bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Musi Rawas baik dalam Pemerintahan Daerah maupun Pemerintahan Desa. (Firman S)

Popular Posts