Bersihkan Narkoba Di Sekolah, BNN Kota Lhokseumawe Laksanakan Workshop Instansi Pendidikan


Media Advokasi.com Lhokseumawe-Aceh,
BNN Kota Lhokseumawe melaksanakan kegiatan Workshop Instansi Pendidikan kepada Guru BK dan Waka Kesiswaan Sekolah dalam wilayah Kota Lhokseumawe di Aula Hotel Diana Kota Lhokseumawe, pada Kamis (05/03/2020).

Kegiatan yang bersifat advokasi ini dibuka langsung oleh Kepala BNN Kota Lhokseumawe dan diikuti 30 peserta yang terdiri dari utusan sekolah SD, SLTP dan SLTA. Materi sesi pertama disampaikan oleh AKBP. Fakhrurrozi, S.H bertemakan “Strategi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Instansi Pendidikan”. Saat wawancara dengan kontributor media ini, Fakhrurrozi mengutarakan bahwa peran Sekolah sangat penting dalam melakukan berbagai langkah nyata terkait pencegahan narkoba (P4GN). “sekolah harus membentuk Penggiat Anti Narkoba untuk mengajak para Siswa secara bersama-sama menolak segala bentuk penyalahgunaan narkoba”, pinta Pamen Polri aktif ini.

Untuk memastikan program Penggiat Anti Narkoba Sekolah berjalan dengan baik, BNN Kota Lhokseumawe juga berkolaborasi dengan Dinas terkait. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe melalui Sekretarisnya, Drs. Tgk. H. Ikhwansyah Hasan, MA menyampaikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan memasukkan materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba ke dalam silabus pendidikan sebagai pedoman bagi Sekolah yang ada di Kota Lhokseumawe. “Ini menjadi penting kita lakukan, agar para siswa sekolah mampu menjaga diri dan lingkungannnya dari pengaruh yang merugikan”, timpal alumni IAIN ini.
Tampil juga Psikolog Azwar, S.Psi, M.Psi, C.Ht, MNLP yang memberikan paparan tentang public speaking di Instansi Pendidikan dalam upaya P4GN, para peserta ditingkatkan kemampuan komunikasinya guna menunjang kegiatan yang akan mereka lakukan di Sekolahnya terkait P4GN. “Harapan kita agar para Guru memiliki kemampuan komunikasi dengan baik dalam memberikan konseling kepada siswa”, harap motivator energik ini.
Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta mampu berperan optimal dan menjadi Penggiat Anti Narkoba sebagai perpanjangan tangan BNN dalam melaksanakan P4GN di lingkungan Sekolahnya masing-masing. Ini disampaikan oleh Kasie P2M BNN Kota Lhokseumawe, Muhammad Iqbal, S.STP sebagai pemateri di sesi terakhir. “Bapak dan Ibu Guru agar selalu berkoordinasi dengan kami dan sampaikan juga sedikit materi ini kepada siswa cukup 7 menit sebelum pelajaran dimulai”, pungkas alumni STPDN ini. (Om Bil)

Popular Posts