Antisipasi Covid-19, Ibu-Ibu Pengajian di Singkil bagikan Sabun Antiseptik ke Masjid


Keterangan foto: Ibu-Ibu sedekah Jumat saat menyerahkan sabun cair kepada pengurus Masjid dan perangkat desa di Desa Ujung Bawang Singkil, Jumat kemarin, (27/3)

Aceh Singkil Media Advokasi.com
Seiring merebaknya Penyebaran Virus Corona di Indonesia dan di beberapa daerah, Ibu-ibu yang tergabung dalam perkumpulan sedekah Jumat di Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil bagaikan sabun antiseptik ke masjid-masjid guna mengantisipasi penyebaran Wabah Covid-19.

Koordinator Ibu-Ibu Sedekah Jumat Singkil, Syahrika Wahyuni Lubis, Sabtu (28/3/2020) kepada wartawan mengatakan, pembagian sabun cair antiseptik ini merupakan usulan para ibu-ibu yang tergabung dalam perkumpulan sedekah Jum'at serta permintaan masyarakat.
Sehingga, dalam kondisi yang sangat mengkhawatirkan ini, para ibu-ibu ini sepekat untuk membagikan sabun cair, yang bisa dimanfaatkan para jamaah Masjid untuk mencuci tangan sebelum mengambil wudhu dan beribadah.

Sabun sedekah Jumat ini dibagikan langsung kepada pengurus Masjid serta dihadiri kepala desa masing-masing.

Selain penyerahan sabun cair, para ibu-ibu sedekah Jumat ini turut memberikan sosialisasi kepada pengurus Masjid dan masyarakat agar saling menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan sebelum masuk rumah, sebagai antisipasi bersama, penyebaran virus Corona yang sudah sangat mengkhawatirkan.

Rika menjelaskan, kegiatan sedekah Jumat ini bisa berjalan atas dukungan dari sumbangan dana para ibu-ibu perkumpulan serta donatur masyarakat Singkil dan dari luar daerah.

Dengan adanya sumbangan dari perkumpulan dan donatur, sehingga setiap Jumat tetap dibagikan sedekah berupa makanan, minuman segar, maupun sembako bagi masyarakat Singkil.

 "Sedekahnya kadang berupa makanan mie atau bubur ke Masjid atau pesantren, atau minuman jus. Dan kadang pembagian sembako untuk warga miskin yang membutuhkan," ucap Rika.

"Namun Jumat ini kita bagikan sabun cair aja secara gratis, ke Masjid. Karena masyarakat sangat khawatir virus berbahaya ini. Apalagi hand sanitizer juga sudah sulit diperoleh, sabun cair dibeberapa toko juga sudah habis," tambahnya.

Lanjutnya, sabun cair diserahkan usai ibadah Jum'at yang dibagi oleh beberapa tim ibu-ibu sedekah yang menyebar ke Masjid-Masjid. Namun Jumat kemarin baru 12 desa terbagi karena waktunya mepet, empat desa lagi menyusul dibagikan hari ini, terangnya. (Ahmad)

Popular Posts