Lanjut Usia di Kota Bandung Kini Bisa Sekolah

Bandung, MA - Siapa bilang kalau sudah usia lanjut tak bisa beraktivitas lagi? Buktinya tidak begitu. Paling tidak ini dibuktikan para Lanjut Usia (Lansia) di Kota Bandung yang berusia 60 tahun ke atas. Mereka kini bisa 'sekolah' di lembaga Nasi Bekel Untuk Lansia atau 'Sibulan'. Hal itu terungkap dalam launching program Sekolah Lansia 'Sibulan' di Kecamatan Sukajadi Kota Bandung, Rabu (05/02/2020) oleh Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

"Ini yang ke dua di Kota Bandung setelah di Antapani beberapa waktu lalu. Intinya kita ingin para lansia, orang tua kita ini tetap berdaya di usia senjanya" ujar Yana, usai membuka acara.

Menurut Yana, para lansia ini nantinya dibagi dalam 3 strata dalam kegiatan sekolahnya, yaitu S1, S2 dan S3, masing-masing akan melakukan 12 kali pertemuan 2 kali dalam sebulan.

"Tapi bukan strata dalam pengertian umum untuk meraih gelar sarjana ya, ini mah hanya pengistilahan saja untuk membedakan tingkatan materi" katanya.

Dalam materi sekolah lansia itu nanti ada pengajaran tentang gizi, ibadah, pengetahuan tanggap darurat. Semua materinya yang aplikatif.

"Iya tentu saja yang aplikatif, karena gak mungkin juga mereka diberi materi teori yang berat-berat kan. Jadi lebih kepada bimbingan dan pengetahuan tentang pemberdayaan diri dalam materinya" jelas Yana.

Pemkot Bandung menggelar Sekolah Lansia itu bekerja sama dengan Ramah Lansia Indonesia atau RLI, dan beberapa perusahaan swasta. (yon/Pun)

Popular Posts