Ibnu Hasim: 70 % Masyarakat Gayo Lues Hidup Miskin


Media Advokasi.com, Kabupaten Gayo Lues - Aceh.
Sebanyak 70% masyarakat Gayo Lues hidup dibawah garis kemiskinan, hal ini disampaikan Wakil Ketua I DPRK Gayo Lues H. Ibnu Hasim, S. Sos. MM dalam Musrenbang di Kecamatan Pantan Cuaca beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, 70% masyarakat Gayo Lues sistem ekonominya bekerja hari ini untuk makan besok. Ada juga bekerja hari ini untuk bayar makan kemarin.

Sehingga bantuan langsung pemerintah untuk masyarakat Gayo Lues yang selama ini terus gencar dilakukan dinilai kurang tepat. Contohnya di beri bantuan bibit tanaman (jagung, cabe, padi, dll), pupuk dan, alat-alat pertanian, dan obat-obatan pertanian.

Masa panen hingga 6 bulan, karena hari ini dan besok perlu makan maka petani penerima bantuan tersebut justru menjual bantuan tersebut ke toko pertanian atau pindah tangan.
"Bantuan pertanian dari pemerintah sering dijual oleh petani, karena untuk makan besok belum tentu ada. Jadi tolong dilakukan pembinaan oleh pemerintah agar program bantuan itu menjadi tepat guna dan tepat sasaran," kata Ibnu Hasim dalam bahasa Gayo.

Ibnu Hasim juga menjelaskan, selama dirinya menjadi Bupati 2 kali berturut-turut, dirinya merasa belum sempat untuk mensejahterakan masyarakat Gayo Lues, khususnya masyarakat Kecamatan Pantan Cuaca. Karena itu dirinya bertekad menjadi anggota dewan seperti yang terjadi pada saat ini agar bisa membantu Bupati untuk mensejahterakan masyarakat. (Hendri)

Popular Posts