Hitungan menit belasan rumah kayu di Singkil musnah terbakar.

foto: Kebaran di Desa Unjung Aceh Singkil menghanguskan belasan rumah warga.

Media Advokasi.com Aceh Singkil.
Telah terjadi kebakaran di Kampung Ujung Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil menghanguskan belasan unit rumah warga akibat lalapan si jago merah, Kamis Pagi menjelang siang (20/2/2020) sekitar pukul 10.30 WIB.

Dalam hitungan menit belasan rumah yang didominasi rumah berkonstruksi kayu musnah terbakar disaat warga sedang beraktifitas bekerja.

Sebagian besar warga korban kebakaran tidak sempat menyelamatkan harta benda mereka, karena nyala api cepat membesar didorong arah angin yang berhembus kencang saat itu.

Salah seorang korban, Risman menyebutkan  hanya sempat menyelamatkan mobil miliknya yang diparkir di teras rumah sedangkan harta berharga lainnya tidak sempat diselamatkan.

Bahkan surat berharga termasuk ijazah dan lainnya tidak sempat diambil karena keburu bagian dalam rumah sudah terbakar," Ungkap Risman.

Diperoleh informasi api berasal dari salah satu rumah yang biasa digunakan untuk penginapan dan rumah makan.

Namun belum diketahui informasi penyebab munculnya api menghanguskan belasan rumah tersebut.

Dari informasi warga rumah yang terbakar yaitu 2 unit ruko milik Nazli dan dua unit rumah Abd Haris. Masing masing satu rumah milik Masnuddin, Samsudin Cegak, Risman, Safrizal Tital, Musnaini. Saimah, Zailani, AhmadLuddin,  M. Yanis Lubis, Razali Toto, Jaminuddin, Hidayati, Chairuddin, dan Hj Rombo Arni.

Tiga unit rumah rumah lainnya disebut rusak akibat dinaiki petugas pemadam kebakaran dan warga untuk memudahkan melakukan penyiraman memadamkan api.

Informasi diperoleh di posko desa, bahwa jumlah kk yang kehilangan rumah mencapai 20 kk atau sebanyak 99 orang. Termasuk 5 kk tempel yang masuk di dalam rumah kk induk.

Pantauan Media Advokasi, di lokasi api mulai padam sekitar 12.00 Wib, beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut. Sedangkan untuk kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Sementara itu Kepala Dinas Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil Moch Ichsan melaporkan Sedikitnya 17 unit rumah musnah terbakar dan 2 unit rumah rusak ringan, jadi total rumah yang terbakar sebanyak 19 unit rumah, kata Moch Ichsan.

Untuk proses pemadaman api dilakukan selama Dua Jam dengan mengerahkan Enam unit mobil pemadam kebakaran dan Satu Unit mobil tangki milik BPBD dengan dibantu Prajurit TNI, Polri, Relawan dan ratusan masyarakat, Ungkap Moch Ichsan. (Ahmad)

Popular Posts