Fokus Terhadap Visi Misi Pemkab Muba, DPRD Gelar RDP tentang Realisasi RPJMD



MUBA, MA- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar Rapat Dengar Pendapat  (RDP) tentang Realisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Senin 03/02/2020.

Rapat tersebut di pimpin langsung oleh Jon Kenedi S IP selaku Wakil ketua I DPRD Muba, H Rabik HS SE SH MH Wakil Ketua III DPRD Muba, Anggota Komisi III DPRD Muba dan dihadiri BPKAD Muba, Bappeda Muba, BPPRD Muba, Inspektorat, Bank Sumsel Babel. 

Dalam rapat dibahas agar mengetahui bagaimana perjalanan PERDA RPJMD, visi dan misi Bupati sebelum dilantik untuk memajukan berbagai sektor baik di bidang pembangunan, pendidikan & kesehatan, selain itu untuk mengetahui sejauh mana Visi dan Misi Bupati yang  telah terealisasi.

Wakil Ketua I DPRD kabupaten Musi Banyuasin Jon Kenedi, S.IP mengharapkan dari berbagai macam Indikator Kinerja yang ada di RPJMD agar dapat disinergikan dan disesuaikan dengan hasil Reses yang telah diadakan oleh pihak DPRD Kabupaten Musi Banyuasin.

Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin melalui kepala BAPPEDA Zulfakar, menyampaikan Ada beberapa Program yang telah di realisasi oleh Pemerintah Daerah Musi Banyuasin diantaranya Akses dan komunikasi untuk semua, pemasangan free wifi publik di 8 titik APBD-P 2019, yaitu Lapangan Store, Stable Berkuda, Masjid Raya, Stadion Sekayu, Gedung Olahraga, Taman Agrobisnis Sekayu, Taman Permata dan Sekayu Waterfront.


Selanjutnya dalam sektor Pendidikan Pemerintah Daerah telah menerapkan Program Peningkatan Mutu Pendidikan diantaranya Beasiswa S1/S2 Sampoerna Foundation di Sampoerna Univercity. Dalam sarana dan prasaran pendidikan diantaranya adanya bantuan Target Ruang Kelas Baru SD 641 unit dan terealisasi 29 unit, ruang kelas SMP target 2020 : 270 unit terealisasi 156 unit, pengadaan buku perpustakaan 2017 :66 sekolah.

Berdasarkan data yang dipaparkan dari pihak BAPPEDA masih banyak target yang belum tercapai, terutama di sektor Pendidikan tidak sesuai antara sektor dan realisasi yang ada.

Sementara itu, wakil ketua III DPRD Muba H Rabik HS SE SH MH  menjelaskan bahwasanya agar Penggunaan APBD tepat sasaran.

"APBD yang besar harus digunakan tepat sasaran kita harus menyentuh titik yang paling mendasar, untuk mengurangi angka kemiskianan kita tidak hanya menitik beratkan pada sektor pembangunan dimana-mana tapi titik beratkanlah kepada sektor pendidikan untuk mengurangi angka kemiskinan," ujarnya.

Selanjutnya DPRD Kabupaten Musi Banyuasin akan memantau hingga tahun 2021 jika nanti program yang lama tidak tertuntaskan maka harus di stop mengadakan program yang baru. DPRD Muba pun berharap agar Pemerintah Muba selalu mengedepankan program yang sangat menyentuh dan memang dirasakan oleh seluruh masyarakat Daerah Musi Banyuasin.

Selain itu H Rabik mengatakan melalui hasil Rapat Dengar Pendapat tentang RPJMD antara unsur Pemerintah Daerah Musi Banyuasin dapat bersinergi mujudkan Progam yang benar-benar pro-rakyat dan dapat tersentuh oleh seluruh masyarakat Musi Banyuasin serta dapat mendukung mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Musi Banyuasin.

Sumber: Humas DPRD Muba

Popular Posts