DPRD dan DTPHP Muba buat Kunker Terjadwal


MUBA, MA- Rapat Dengar Pendapat (RDP) tentang Pengelolaan Ketahanan Pangan yang dipimpin oleh Jon Kenedi SIP M selaku wakil Ketua I DPRD dan Senen Anggota Komisi II DPRD dan dihadiri Inspektorat Muba, Dinas Ketahanan Pangan Muba dan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Muba dilaksanakan di ruang Rapat Komisi IV DPRD Muba. Senin, (10/02/2020)

Rapat dibahas untuk mencari informasi tentang Pengelolaan Ketahanan Pangan yang akan masuk pada Anggaran Tahun 2021 sehingga program Ketahanan Pangan nanti dapat berjalan sesuai harapan.

Dilihat dari mata rantai hubungan antara DTPHP, Disdagprin, Dinas koperasi UKM dan Dinas Ketahanan pangan tidak bisa dipisahkan, karena ke empat Dinas tersebut saling berkaitan.

Seperti mulai dari persiapan Lahan, tanaman sampai denga hasil panen merupakan tugas pokok dari DTPHP yang hasilnya harus diketahui oleh Dinas Ketahanan Pangan.

Kepala DTPHP Muba Ir A Thamrin mengatakan bahwasanya kelompok tani sudah tersebar di seluruh kecamatan dalam kabupaten Musi Banyuasin.


"Jumlah kelompok tani yang resmi dan sudah terdaftar sebanyak 3.168 yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Muba dan ada 4 Kecamatan Kelompok Wanita Tani diantaranya di Kecamatan Lawang Wetan, Kecamatan Babat Toman, Kecamatan Sekayu dan Kecamatan Lais," ujarnya.

Selanjutnya, menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muba Ali Badri ST MT, memberikan contoh salah satu tugas pokok Dinas Ketahanan Pangan.

"Tugas pokok Dinas Ketahanan Pangan yaitu dari hasil Produksi menjadi Barang seperti misalnya Gabah menjadi Beras dengan demikian kabupaten Muba memiliki produksi beras dan cadangan beras sendiri, sehingga tentunya kedepanya nanti dapat membantu menurunkan angka kemiskinan," jelasnya.

Sementara itu, DPRD Muba mengatakan kepada Dinas Tanaman Pangan dan DTPHP Muba agar menyampaikan Data Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) disetiap Kecamatan kepada pimpinan DPRD dan memfasilitasi pertemuan antara Gapoktan dengan DPRD pada kunjungan DPRD ke Kecamatan Sekayu, Babat Toman, Lawang Wetan dan Kecamatan Lais.

Selanjutnya, DPRD Muba menyimpulkan akan diadakan Kunjungan Kerja pada hari Selasa 18 Februari mendatang ke Kecamatan Sanga Desa dan Mangun Jaya kemudian Selasa 25 Februari ke Kelompok Wanita Tani.

Sumber : Humas DPRD Muba

Popular Posts