Bupati Bener Meriah Lakukan Pananaman Pisang Cavendish Perdana Secara Simbolis di PRG.

Media Advokasi.com Bener Meriah-Aceh. Pengembangan Hortikultura berorentasi Ekspor merupakan salah satu Program Prioritas (Quick Win) Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk peningkatan kualiats dan kontinuitas produk hortikultura melalui pengembangan kawasan sentra produksi komoditas unggulan daerah berdaya saing ekspor. Program bersama yang melibatkan Kementerian dan Lembaga terkait, Pemerintah Daerah, Swasta dan Petani ini dikoordinasaikan melalui integrasi kebijakan mulai dari penyediaan lahan, bibit, tekhnologi,pembiayaan, dukungan logistik dan infrastruktur serta kepastian harga dan pasar yang berdaya saing ekspor.

Hal itu disampaikan oleh Sesmenko Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Susiwijono Moegiarso melalui Staf Ahli Bidang Pengembangan Daerah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Ir. Bobby Hamzar Rafinus M.IA dalam kata sambutannya saat Penanaman Perdana Pisang Cavendish di KM 60 Kampung Rime Raya Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah, Selasa, 18/2/2020.

Lebih lanjut Ir. Bobby Hamzar Rafinus M.IA menyampaikan, untuk mendorong pelaksanaan program tersebut Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian hari ini melaksanakan Penanaman Perdana Tanaman Pisang Cavendish yang merupakan salah satu tahapan Pengembangan Hortikultura Beroreantasi Ekspor di Kabupaten Bener Meriah, ucapnya.

Bobby Hamzar Rafinus juga menerangkan, “ruang untuk kita meningkatkan komoditas perkebunan khususnya pisang itu adalah peluang yang sangat besar”, ujarnya.

“Ada satu data yang cukup menarik untuk kita ketahui, meskipun Indonesia pada tahun 2018 telah mengekspor 30.000 ton lebih keseluruh dunia terutama ke China dan Timur Tengah, tetapi porsi ekspor Indonesia itu masih relatif kecil”, ungkap  Ir. Bobby Hamzar Rafinus M.IA.

Sambungnya, “Saya tertarik dengan nama yang yang dimilki oleh Pak Welly ini, sekarang bukan Great Giant Peneaple (GGP) saja tapi sekarang sudah ada juga Great Giant Food (GGF) mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan oleh Great Giant Peneaple (GGP) atau Great Giant Food (GGF) ini bisa mengilhami kita semua, karena nama itu adalah do’a”, sebutnya.

“Kita ini suda diberi tanah yang begitu subur oleh Allah, Swt, kita akan ingkar nikmat karena yang begitu subur tidak kita menfaatkan sengan sabaik-baiknya”, tegas Ir. Bobby Hamzar Rafinus M.IA.

“Didalam Al-Qur’an Surat Al-Wakyah, bahwa pisang itu adalah buah Surga yang ditanam dibumi, katanya menyampaikan, jadi oleh sebab itulah saya bersemangat datang kesini, dan ajakan Pak Welly kepada rakyat Aceh adalah sesuatu yang sangat tepat”, paparnya.

Lanjutnya, Hari ini baru langkah pertama, dalam rangka kita mengembanngkan Hortikultura sebagai sumber pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan sumber ekonomi, kita berharap apa yang sudah didesain ini berbuah pada pendapat perkapita penduduk di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh pada Umunya. “Pada kesempatan ini kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi pada Pemkab Bener Meriah yang telah mewujudkan program kerjasama kemitraan sebagai bentuk komitmen mendukung upaya pemerintah mendorong kinerja ekspor dan peningkatan pemberdayaan ekonomi di Daerah”, pungkasnya.

Sebelumnya Plt. Gubernur Aceh yang diwakili oleh Kadis Pertanian dan Perkebunan A Hanan menyampaikan dalam kata sambutannya diantaranya, tanaman pisang bukan sesuatu yang asing bagi masyrakat Aceh bahakn secara tradisi pengolahan pisang sudah lama dikembangkan oleh masyarakt Aceh, dikembangkan dengan baik namun belum mendapatkan kepastian pasar, kata A Hanan.

Sambungnya, tidak heran kalau tanaman pisang dia Aceh masih mendapatkan perhatian yang kurang, umumya di Aceh pisang ditanam sebagai pelengkap tanaman keras, bila dilihat dari kondisi alam, Aceh sangat berpotensi untuk pengembangan tanaman pisang sangat tepat Pemerintah Pusat melalui Kemenko Perekonomian bekerjasma dengan GGP/GGF mengembang tanaman pisang yang berskala besar di Aceh tidak hanya di Bener Meriah tapi juga di daerah lain di Aceh, jelasnya.

“Saya minta para petani, pemerintah Bener Meriah dan PT. GGP agar bekerja sungguh-sungguh untuk mensukseskan program ini, kata Plt. Gubernur melalui Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh, A. Hanan.

Acara tersebut juga diuhadiri oleh, Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dan  PT. Great Giant Peneaple /Great Giant Food (GGF) Drh. Welly Soegiono,  Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Aceh Safuadi, ST, M.Sc, P.Hd, Bupati Wondowoso Salwa Arifin, Wakil Bupati Aceh Tengah Firdaus, S.KM, Ketua DPRK Mhd. Saleh,bersama  Wakil Ketua I dan II beserta anggota, Ketua MPU Tgk. Almuzani, Sekda Drs. Haili Yoga, Wakapolres Kompol  Maryono, M.Si, Asisten II Abdul Muis, SE, MT, Asisten III Drs. Suarman, para Staf Ahli, Pabung Mayor Ridwan, Ketua TP-PKK Ny. Nikmah Sarkawi, Ketua DWP Ny. Risnawati Haili Yoga, para kepala SKPK, para Camat, Kapolsek Pintu Rime Gayo Ipda RM Abue S, serta tamu undangan lainnya. (Pujo).

Popular Posts