Tahun 2019, Pemkab Bener Meriah Kucurkan Dana Puluhan Milyar, Demi Pertanian Berkelanjutan

Media Advokasi.com Bener Meriah-Aceh. 
Redelong,  Sudah jelas,  bahwa peran pemerintah dalam pembangunan merupakan hal yang mutlak dan harus, tidak terkecuali juga dalam pengembangan di bidang  pertanian yang  berkelanjutan, bahwa penerapan pertanian berkelanjutan di Kabupaten Bener Meriah sendiri,  juga  tidak terlepas dari peran pemerintah daerah, melalui instansi terkait yaitu ,Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bener Meriah,  dalam  pengembangan konsep tersebut, instansi inilah yang  memiliki peran berbeda dan terkait serta saling melengkapi.
Peran pemerintah dalam pengembangan zona  pertanian di Kabupaten Bener Meriah  tersebut adalah kelembagaan, kesadaran masyarakat, ketersediaan lahan, pengembangan teknologi, dan peran swasta.

Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah alih fungsi lahan, keterbatasan kemampuan SDM, pemerataan sarana prasarana, ketersediaan dan pemanfaatan teknologi, dan obat kimia yang tidak ramah lingkungan, demikian disampaikan oleh Kabag Humas dan Protokol Setdakab Bener Meriah Wahidi, S.Pd, MM  diruang kerjanya menjelang tutup tahun 2019 yang lalu.

Sedangkan  Ir. Abadi seperti disampaikan Kabag Humas dan Protokol dalam kesempatan yang sama  juga menjelaskan, pihak pemerintah daerah pada tahun 2019 sudah menyalurkan berbagai bantuan dan sarana, sarana  yang diberikan adalah dengan cara memberikan bantuan pada faktor pendukung agar dapat berfungsi lebih optimal, mengembangkan wilayah di daerah yang berpotensi tinggi, serta meningkatkan kualitas SDM  (petani dan PPL)  kita dan meningkatkan pemerataan, ungkapnya.

“Kabupaten Bener Meriah di Bawah kepemimpinan Bupati Tgk. H. Sarkawi  terus membenahi zona Pertanian  yang berkelanjutan dan harus direncanakan sedari awal, tidak boleh berbicara mengenai peningkatan hasil panen semata,  Penyiapan infrastruktur, diversifikasi pangan, namun harus jelas bahwa pertanian berkelanjutan dapat menjamin ketahanan pangan suatu daerah khususnya Kabupaten Bener Meriah, tambah Wahidi.

Ada beberapa Program unggulan Kegiatan pada  Dinas Pertanian dan Pangan Tahun Anggaran  2019 diantaranya adalah  1. Program Peningkatan Kesejahteraan Petani.  2. Program Peningkatan Produksi Pertanian dan Perkebunan, 3. Program Peningkatan Produksi Hasil Peternakan, 4. Program Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Menular Ternak dan  5. Program Pemasaran Hasil Peternakan.

Terkait dengan masaalah anggaran,Kabag Humas dan Protokol Wahidi, S.Pd.MM mendapat informasi dari  Kadis Pertanian dan Pangan Ir. Abadi  yang menerangkan, Anggaran untuk program tersebut berjumlah Rp. 30.165.599.000.-bersumber dari APBK Rp. 14.846.391.000. Otsus Rp. 11.163.017.000. dan  DAK Rp.  4.126.191.000, itulah dana yang sudah  kita kucurkan di bidang pertanian di tahun 2019, jelas Wahidi.(Pujo) 

Popular Posts