Taat Hukum, Warga Serahkan 3 Pucuk Senpira ke Koramil 401-02 Babat Toman



MUBA, MA- Danramil 401-02/Babat Toman Kodim 0401/Muba Kapten Inf Suhartono menerima penyerahan 2 pucuk senjata api rakitan laras panjang atau Kecepek dari kades Rantau Panjang Kecamatan Lawang Wetan dan satu pucuk senjata api laras pendek jenis Revolver dari warga Kelurahan Mangun Jaya Kecamatan Babatoman Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis (30/01/2020).

Komandan Kodim 0401/Muba Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos. melalui Danramil 401-02/Babat Toman Kapten Inf Suhartono mengatakan, bahwasannya penyerahan Senpira tersebut adalah salah satu bentuk kesadaran masyarakat yang taat terhadap hukum.

"Kesadaran masyarakat menyerahkan Senpira pada kami adalah bukti nyata bahwa masyarakat Busi Banyuasin khususnya wilayah teritorial Koramil 401-02/Babatoman sadar akan hukum. Masyarakat menyerahkan sendiri ke Koramil yang diantar oleh Kepala Desa dan Babinsa,” ujarnya.

Lanjut Danramil mengatakan, penyerahan senjata api rakitan oleh masyarakat ini hasil dari himbauan yang sejak beberapa bulan ini dilakukan oleh jajarannya, setiap Babinsa masuk kewilayah binaannya selalu menghimbau melalui kegiatan komsos bersama warga binaan agar dengan kesadarannya mau menyerahkan Senpira yang mereka miliki. 

“Tujuannya adalah untuk menekan terjadinya tindak pidana yang menggunakan senjata api di wilayah teritorial Koramil 401-02/Babat Toman khususnya dan Kodim 0401/Muba pada umumnya, karena dengan memiliki senjata api biasanya pelaku kejahatan lebih berani dan kejam terhadap sasaranya,” terangnya.

Kemudian Danramil dan jajarannya menyampaikan ucapan terima kasih Kepada Kades dan masyarakat yang telah membantu pihaknya dalam menyampaikan himbauan untuk taat hukum.

"Bagi masyarakat yang masih memiliki senjata api tanpa izin silakan melapor dan menyerahkan Senpira tersebut kepada pihak yang berwajib, bisa melalui Koramil atau Kodim maupun ke pihak Kepolisian baik Polres atau Polsek, Ketiga senjata api rakitan hasil penyerahan warga ini selanjutnya akan diserahkan ke Kodim 0401/Musi Banyuasin guna tindakan pengamanan lebih lanjut," tandasnya. (Ril/JR)

 

Popular Posts