Melalui Dana Otsus Diskominfo Kabupaten Bener Meriah Telah Bangun 10 Taman Digital

Media Advokasi.com Bener Meriah-Aceh. 
Melalui dana Otonomi khusu (Otsus) tahun 2019, Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bener Meriah telah membangun sebanyak 10 Taman Digital (TD) di sejumlah lokasi dalam Kabupaten Bener Meriah.kamis 23 Januari 2020.

Hal tersebut disampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Bener Meriah Irmansyah, S.STP melalui releasenya, Rabu 22/1/20. 

 “Perlu kami sampaikan bahwa melalui dana Otsus 2019 kita sudah membangun beberapa Taman Digital, dengan adanya taman digital tersebut masyarakat luas sudah dapat mengakses Internet secara geratis.”kata Irmansyah.

Dia menerangkan, ke-10 taman digital itu dapat diakses di kawasan Komplek Masjid Alfalah Pondok Baru, Lapangan upacara SMPN 1 Bukit, Rumah Adat Pitu Ruang, Lapangan Bola Pante Raya, Taman Lampahan, Taman Harmoni, Kampung Bale Atu, Taman Depan Kantor Setdakab Bener Meriah, Komplek Terminal Ketipis, Ruang Tunggu Disdukcapil dan Media Center Diskominfo.

Irmansyah juga menambahkan untuk jalur lintas Redelong Bener Meriah-Aceh Utara sangat penting sekali akan adanya akses jaringan seluler, terutama Telkomsel, karena jalur provinsi ini sudah ramai dilintasi masyarakat baik kenderaan angkutan seperti Bus, Truk dan kenderaan pribadi.

Kita menyadari di jaman four Point O 4.0 yang berbasis elektronik, kami akan melakukan pendataan dan pembuatan email Jaringan Komunikasi dan Informasi ke seluruh SKPK, Kecamatan, Puskesmas dan seluruh Kampung, juga proses administrasi dan surat menyurat nantinya akan di lakukan secara elektronik.

Lebih jauh di terangkan Irmansyah, S.STP, untuk akses jaringan seluler maupun bandwidth internet, Pemerintah daerah melalui Bupati Bener Meriah telah beberapa kali menyurati pihak Kementerian Kominfo Republik Indonesia, terutama di Kecamatan Mesidah dan beberapa titik di daerah Kecamatan Permata.

“Kemungkinan setelah kita memohon dan meminta kepada pihak Kominfo RI, Tahun 2019 khusus untuk Samarkilang sudah bisa mengakses internet dan dan yang belum masih dalam proses.”terang Kadis Kominfo Bener Meriah itu.

Disisi lain Kadis Kominfo mengatakan, pada Tahun 2019 lalu pihaknya juga telah memberikan pelatihan kepada 228 operator kampung untuk membuat website kampung. 

“Kami akan memonitor mereka, apakah sudah bisa mengupload profil kampung apa belum, mudah-mudahan operator yang sudah kita beri pelatihan kiranya sudah bisa mengupload setiap kegiatan dan informasi yang ada di kampung masing-masing.”ucap Kadis Kominfo.

Irmansyah, S.STP juga menambahkan,  pada tanggal 13 Januari 2020 yang lalu bersama dengan Dinas Pertanahan dan Pimpinan RRI Takengon telah dilakukan juga pengukuran lokasi pembangunan RRI Radio Rimba Raya, Dan rencananya pada tahun ini juga akan dilaksanakan pembangunannya. (Pujo)red.

Popular Posts