Januari 2020, Gaji Keuchik dan Perangkat Desa di Pijay Setara PNS Golongan II a.

H. Abd. Rahman Puteh, Sekda Kab Pidie Jaya 

Media Advokasi.com Pidie Jaya,
Gaji Perangkat gampong dipastikan naik di Januari 2020. Hal itu diungkapkan sekdakab Pijay, Abd. Rahman Puteh, Kamis 02 Januari 2020.

Perangkat Desa yang terdiri dari kepala desa (keuchik), sekretaris desa (sekdes), kepala urusan (kaut) dan kepala seksi (kasi) mulai Januari 2020 akan menerima gaji setara dan lebih dari gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan II a. Namun memiliki ketentuan dan aturan desa yang wajib dijalankan keuchik, yaitu pelayanan kepada masyarakat harus diutamakan serta mengaktifkan kantor keuchik sebagai tempat pelayanan masyarakat di desanya.

Sekalipun hampir seluruh gampong dalam Kabupaten Pidie Jaya telah memiliki kantor keuchik, namun pelayanan masyarakat di tingkat gampong kebanyakan dilakukan diluar kantor desa, dengan kata lain, selama ini banyak kantor keuchik di Pidie Jaya tidak difungsikan secara aktif. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pidie Jaya, Abd Rahman Puteh kepada Advokasi mengatakan, bahwa kepala desa wajib memberikan pelayanan kepada masyarakat yang  dilakukan di masing-masing kantor keuchik. 

"Mulai saat ini, pelayanan kepada masyarakat oleh perangkat gampong harus di kantor keuchik. Kantor keuchik harus difungsikan," ujar Abd Rahman Puteh.

Lebih lanjutnya, sekda menerangkan, bahwa mulai minggu depan, Pemkab akan melakukan sosialisasi kepada setiap gampong mengenai hal tersebut.

"Minggu depan akan kita mulai sosialisasi, yang intinya, pelayanan masyarakat di gampong wajib di kantor keuchik. Jikapun masih terdapat gampong yang belum memiliki kantor keuchik, tapi juga wajib memberi pelayan yang terbaik kepada masyarakat," ujar sekdakab.

"Perangkat gampong ini kan dipilih oleh keuchik, jadi keuchik akan memilih siapa pun yang mampu dan dapat menampinginya guna memberi pelayanan kepada maayarakat. Sejauh ini kita belum menetapkan batas jenjang pendidikan untuk menjadi seorang perangkat gampong," pungkas Sekdakab.(Ismed

Popular Posts