Di Brunei Tu Sop Ikat Kerjasama HUDA dan KUPU SB

Media Advokasi.com Bireuen Aceh. 
Ketua Umum Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab atau Tu Sop dan Rektor Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB) Dr Adanan bin Haji Basar sepakat untuk mewujudkan kerjasama antara HUDA dan KUPU SB dalam bidang pendidikan Islam. Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan di kampus KUPU SB, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Rabu, 29 Januari 2020.

Dr Adanan yang didampingi oleh para Dekan dan Ketua Program Studi Ahlussunnah wal Jama'ah KUPU SB menyampaikan taklimat pembentukan KUPU SB. Dalam taklimatnya dia menjelaskan dasar pembentukan institusi itu untuk mengembangkan kajian dan amalan Ahlussunnah wal Jama'ah di Brunei Darussalam. Hal itu merupakan titah sultan Brunei untuk mengembangkan Islam yang sesuai dengan paham Ahlussunnah wal Jama'ah.
Oleh sebab itu, kata Adanan, Kolej KUPU SB didirikan untuk memajukan keunikan Islam Brunei dan menjadi pusat pengembangan penulisan Melayu-Jawi dan Kitab turast. Secara spesifik KUPU SB bertujuan untuk melahirkan sumber daya manusia sebagai hamba Allah dan khalifah di permukaan bumi dengan menjalankan amalan Ahlussunnah wal Jama'ah dalam mazhab Syafii, serta memperkuat Filosofi Kesultanan Melayu Islam di Brunei.

KUPU SB menyelenggarakan pendidikan agama dari tingkat diploma, sarjana hingga program doktoral dalam berbagai bidang studi agama Islam.

Sementara Tu Sop yang didampingi wakil sekretaris HUDA, Tgk M Rizwan Haji Ali, Ustadz Muhammad tokoh masyarakat Aceh di  Brunei dan rombongan Zikir al-Kautsar memaparkan perkembangan pendidikan dayah di Aceh dan perannya dalam memperkokoh Ahlussunnah wal Jama'ah di Aceh. 

Dalam kesempatan itu Dr Adanan mengatakan siap membantu HUDA untuk mengembangkan standar penulisan Melayu Jawi bagi dayah-dayah di Aceh.  Sementara HUDA diminta untuk mengirimkan para pengajar kitab turats di KUPU SB. Secara resmi penandatanganan MoU antara KUPU SB direncanakan pada April tahun ini. 

Acara pertemuan itu berakhir dengan penyerahan cendera mata dan jamuan oleh pihak KUPU SB, dan dipungkas dengan penampilan tim Zikir Al-Kautsar yang datang bersama rombongan Ayah Sop di depan pelajar KUPU SB[]
Laporan M Rizwan Haji Ali, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam

Popular Posts