Bupati Bener Meriah Gelar Pertemuan Dengan Kepala Sekolah Tingkat SMA, SMK Dan SLB Se-Kabupaten Bener Meriah

Media Advokasi.com Bener Meriah-Aceh. 
Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi didampingi oleh Asisten I Drs. Mukhlis, Asisten II Abdul Muis, SE.MT, Asisten III Drs. Suarman, MM, Staf Ahli Bupati Susnanini,  Kadis Pendidikan Sukur, S.Pd.M.Pd, sedangkan dari Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB se-Kabupaten Bener Meriah dipimpin langsung  oleh Kepala Dinas Wilayah Pendidikan Aceh Cabang Kabupaten Bener Meriah Sukardi, S.Pd, M.Si mengadakan Silaturrahmi di Oproom Lantai II Setdakaab Bener Meriah, Senin, 13/1/2020.

Acara Silaturrahmi antara Bupati dengan Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB se-Kabupaten Bener Meriah itu dibuka oleh Asisten III Drs. Suarman, MM.
Drs. Suarman, MM diawal kata pembukaannya mengatakan, Seiring dengan perubahan Undang-Undang Pemerinthahan Daerah, para guru di jenjang Sekolah Menengah Atas, mereka menjadi pegawai daerah sampai tahun 2014, Perubahan Undang-Undang Pemerintah Daerah ini, kemudian mereka di kemabalikan ke Provinsi, P3D untuk SMA, SMK dan SLB, namun apapun itu, mereka tetap bekerja untuk memajukan Kabupaten Bener Meriah khususnya dalam bidang Pendidikan, kata Suarman dalam kata pembukaannya.

Sementara Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam acara Silaturrahmi tersebut mengatakan, sebelum tahun 2014 semua  guru dari SMA, SMK dan SLB adalah bagian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah, setelah adanya perubahan Undang-Undang Pemerintah Daerah semua guru tersebut dialihkan kedinas Pendidikan Provinsi, kata Bupati.
“Apapun itu, meskipun secara administrasi dibawah Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, tetapi, tempat, sekolah, guru dan muridanya adalah dalam Wilayah Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah, jadi kita harus bersinergi antara Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah dengan Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Cabang Bener Meriah”, harap Tgk. H. Sarkawi.

“Ada beberapa problem yang kita hadapi dalam dunia pendidikan kita, beberapa diantaranya adalah, 1. Kualitas, kita ingin anak-anak kita bisa masuk kesekolah-sekolah bergengsi di Indonesia, dan itu sampai sekarang ini masih sulit untuk kita terobos, dan ini harus kita benahi”, harap Bupati.
Bupati Tgk. H. Sarkawi juga menyampaikan, yang kedua adalah masaalah Akhlak, apalagi terkait dengan Narkoba, saat ini Narkoba (sabu-sabu) sudah masuk kedalam dunia pendidikan kita atau kesekolah- sekolah, hal-hal seperti ini harus kita redam, dengan cara ekstra kurikuler terutama dalaam bidang keagamaan, karena itu ilmua agamanya harus kita tambah, atau dengan menambah kegiatan-kegiatan positif lainnya seperti olah raga, pinta Tgk. H. Sarkawi.


“Saya tidak tau, mohon maaf kata Bupati, kira-kira guru kita itu sempat membaca tidak, artinyna apa kita harus mengupdati setia berita dan informasi yang terjadi apa lagi dalam dunia pendidikan,  jangan cuma asyik dengan FB, Instagram dan medsos lainnya tapi kita tidak peka dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang ada, yang perkembangannya begitu cepat”, ungkap Bupati.

Kata Bupati, “Tidak Mungkin bayang-bayangnya lurus kalau kayunya bengkok” jadi bagaimana memanfaatkan kayunya lurus agar bayang-bayangnya juga lurus”, tandas Tgk. H. Sarkawi.

Sambung Bupati, ada beberapa sekolah unggulan di Bener Meriah yang kita sudah bekerja sama dengan  pihak Universitas salah satunya adalah dengan UGM, Unsyiah Polbangtan dan universitas lainnya, gunanya adalah untuk memajukan dunia pendidikan kita, pungkas Bupati.


Sementara Kepala Dinas Wilayah Pendidikan Aceh Cabang Bener Meriah Sukardi, S.Pd. M.Si melaporkan, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan jajarannya, Bapak Plt. Gubernur melalui Bapak Sekda menitip salam buat semuanya, kata Sukardi.

“Dalam rangka membawa Bener Meriah ini kearah yang lebih baik terutama dalam bidang Pendidikan, semoga mendapat dukungan penuh dari Bapak Bupati”, harap Sukardi.

Lanjut Sukardi, pada hari jum’at ( 10/1/2020) telah dilantik Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB di kota siaga 18, 18 Kepala, rotasi itu juga sudah melebihi batas waktu 4 tahun dalam satu periode, jelasnya.

“Kabupaten Bener Meriah yang kena rotasi itu adalah SMA 14, SMK 3 dan SLB 1, sedangkan jumlah SMA Negeri dan Swasta di Bener Meriah ada 23, SMK Negeri dan swasta 6 dan SLB 6 dengan jumlah keseluruhan di bawah Cabang Dinas Pendidikan Aceh di Bener Meriah berjumlah 35 Sekolah, jelas Sukardi, S.Pd. M.Si.


“SMA, SMK yang ada program dari Bapak Sekda yaitu program BEREH yang mengadakan kontrak kerja dengan para kepala sekolah adalah diberi batas waktu evaluasinya selama 6 bulan kedepan, insyaallah tidak akan terjadi masaalah”, jelasnya.

Setelah kami melapor kepada Bapak Bupati kami juga harus melaporka kepada Bapak camat dan Reje Kampung  sebagai yang punya tempat dan ini kami lakukan dalan acara antar tugas, dengan makasud harus ada sinergis antara Pemerintah dengan pihak sekolah, ini merupakan anjuran dari Plt. Gubernur melalui Bapak Sekda Aceh. ujarnya.

“Walaupun kami secara administrasi berada di Provinsi, tetapi kami tetap akan berjuang, mendidik anak-anak Bener Meriah, yang jelas kami akan tetap mendukung program pemerintah Kabupaten Bener Meriah”, tegasnya.

“Kami juga sudah berbicara dengan Bapak Sekda Bener Meriah, agar kami juga diberikan lokasi yang ada di Taman Harmoni, kami akan tunjukan bahawa kami ikut peduli di situ”, pinta Sukardi.

Pinta Sukardi, Kami sampai saat ini belum memiliki kantor jadi kami mohon pemerintah daerah untuk bisa menyediakan lokasi untuk pembangun kantor Dinas Wilayah Pendidikan Aceh Cabang Bener Meriah , harap Sukardi, S.Pd. M.Si.

Dalam Kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah Sukur, S.Pd. M.Pd juga menyampaikan usulan, saran dan pendapat kepada Dinas Pendidikan Aceh Cabang Bener Meriah.(Bakri) 

Popular Posts