Sembilan Kecamatan di Muba Masuk Dalam Program Serasi

Foto: Ir A Thamrin Kepala Dinas TPHP Muba ketika di bincangi wartawan Mediaadvokasi, Senin 30/12/19.

MUBA, MA- Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) merupakan salah satu program unggulan Mentri Pertanian yang tersebar di lima (5) Provinsi di Indonesia, salah satunya Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) merupakan satu diantara Kabupaten di Sumsel yang menjadi target program tersebut.

Menurut Ir A Thamrin, selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Muba ketika di bincangi wartawan Mediaadvokasi di ruang kerjanya, Senin 30/12 mengatakan bahwasanya Sembilan (9) Kecamatan di Muba yang sesuai aturan masuk dalam program serasi.

"Program Serasi itu untuk sawah rawa, kecuali sawah tadah hujan dan dalam 15 Kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin ini ada Sembilan Kecamatan yang masuk program Serasi diantaranya Kecamatan Sanga Desa, Babat Toman, Lawang Wetan, Sekayu, Lais, Babat Supat, Sungai Lilin, Bayung Lencir dan Lalan," ujarnya.

Selanjutnya, Iapun menjelaskan bahwasanya program serasi memiliki empat (4) paket bantuan diantaranya benih, Kapur Dolomit, Herbisida dan Pupuk. Namun, karena keterbatasan stok di Tahun Angaran 2019 Kabupaten Muba hanya bisa merealisasikan Dolomit dan itupun sulit di realisasikan di Kecamatan selain Lalan, karena keterbatasan alat.

Diakhir, melalui program Serasi Thamrin berharap agar kedepannya dapat meningkatkan taraf hidup para petani di Kabupaten Musi Banyuasin.

"Salah satu tujuan program Serasi ialah untuk meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) artinya agar dapat tanam dua kali, sehingga dapat meningkatkan hasil panen dalam setahun. Dan harapan kami dengan hasil panen tersebut dapat mengangkat perekonomian dan mensejahteraan para petani," tandasnya. (Jahri)








Popular Posts