Rombongan Tuha Peuet Pidie Jaya Tiba di Langsa

Langsa-Aceh. Media Advokasi.com
Rombongan Tuha Peuet Pidie Jaya tiba di Langsa menjelang jam 15.30 WIB, dan langsung cheik in di Hotel Harmoni, Kota Langsa, Selasa 17/12/2019.

Kedatangan rombongan wakil masyarakat desa yang ada di Pidie Jaya dalam rangka mengikuti pelatihan dan Bimbingan Tehnologi (Bimtek) selama 3 hari, dengan menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) akhir tahun 2019 sejumlah Rp.4.55(Empat juta Lima Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) per Tuha Peuet yang dipusatkan di Kota Langsa.

Tujuan dari pelatihan tersebut untuk menambah wawasan Tuha Peut dalam merancang dan membuat qanun di desanya, serta bersinegritas bersama keuchik dalam upaya pembangunan desanya.
Kesamaan visi dalam hal pembangunan, serta pengawasan kinerja keuchik dalam menggunakan anggaran dana desa, tuha peuet dituntut harus benar-benar bisa melakukannya, termasuk evaluasi kinerja keuchik dan aparatur gampong.

Dengan pelatihan tersebut, tuha peut yang merupakan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) akan lebih profesional dalam menjalankan fungsinya sebagai wakil masyarakat, baik dalam merancang dan menciptakan qanun, juga sebagai pengawasan di desanya masing-masing.

Menurut salah seorang peserta pelatihan dari perwakilan Tuha Peuet Gampong Blang Kecamatan Meurah Dua, M. Kasem, mengunggkapkan, peserta yang akan ikut latihan selama tiga hari ini akan jadi manfaat yang sangat berguna bagi masyarakat, andai setelah pelatihan ini akan diterapkan di masyarakat, terutama hasil dari pelatihan ini.

"Pelatihan ini akan sangat berguna, sekalipun telah di anggarkan dana desa untuk pelatihan tuha peut tahun 2019. Tapi jika ini tidak diterapkan di masyarakat, seperti pelatihan-pelatihan yang telah lalu, ini hanya pemborosan/ menghabiskan anggaran akhir tahun semata, padahal masih banyak keperluan lain yang lebih penting untuk dikelola desa, seperti penambahan perbaikan rumah dhuafa, atau fasilitas lainnya. Untuk itu, saya harapkan, agar selesai pelatihan ini, para wakil masyarakat desa ini, bisa membawa pulang hasil serta bisa diterapkan," jelas M.Kasem

Masih dikatakan M.Kasem, "Maka jadikanlah Bimtek ini untuk kepentingan masyarakat desa dan kesejahteraan ke depan di daerah masing-mmasing, khususnya Pidie Jaya, Semoga ada perubahan yang prorakyat. Mari kita bersama rakyat membangun desa yang lebih maju," pungkas M. Kasem.(Ismed) 

Popular Posts