Plh Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si: “Anggaran Dana Desa Harus Beroreantasi Kepada Hasil, Bukan Kepada SPJ”

Bener Meriah.Media Advoksi.com
Pelaksana Harian (Plh)  Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si mewakili Bupati Bener Meriah menghadiri acara Badan Kontak Majelis Taqlim (BKMT) tingkat Kabupaten di Masjid  Baiturrahim An-nur Kampung Gemasih Kecamatan Pitu Rime Gayo, Rabu, 18/12/2019.
Plh. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si dalam sambutan dan arahannya terlebih dahulu menyampaikan salam dari Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang tidak bisa menghadiri acara tersebut kerena saat ini beliu sedang melaksanakan ibadah Umroh ke Tanah Suci, kata Haili Yoga mengawali sambutannya.

Lanjut Plh. Bupati itu, terkait masaalah konflik gajah dengan maysrakat Pintu Rime Gayo, Alhamdulillah kata Haili Yoga, beberapa hari yang lalu kami duduk bersama dengan beberapa Reje dari Kecamatan Pintu Rime Gayo, kemudian Bapak  Bupati turun kelapangan  tentu sudaah ada solusinya, dimana hari ini masaalah tersebut sudah ditangani oleh Kementerian Lingkungan Hidup, dalam waktu yang tidak lama lagi tim tersebut akan turun ke Kabupaten Bener Meriah,  Bapak Plt. Gubernur juga sudah mengetahui, dan pada hari ini juga, Rabu, 18/12/2019 juga akan ada utusan DPRA yang hadir ke Bener Meriah , jelas Drs. Haili Yoga, M.Si.
“Ini tidak segampang yang kita bayangkan, tidak sesederhana yang kita pikirkan, karena Gajah ini adalah satwa yang harus dijaga, perlakuannyapun harus khusus, kita tidak boleh kasar, harus ada sebutan “Abang Kul” (Gayo-red)”, ujarnya.

Kemudian Sambung Drs. Haili Yoga, M.Si, “Konflik gajaah ini adalah tugas kita bersama, maka harus sama-sama kita jaga, dan hari ini kita tidak lagi saling salah menyalahkan, mari kita perbuat apa yang bisa untuk mengamankan daerah kita, mari kita lakukan dan yang terpenting adalah kita punya tanggung jawab bersama terhada masaalah ini”, tandasnya.
Lebih lanjut Plh. Bupati yang juga merupakan Sekda Bener Meriah itu mengajak  kepada seluruh undangan yang hadir terutama para ibu-ibu supaya menyuruh para suami untuk melakukan shalat berjama’ah dimasjid atau dimushallah yang dekat dengan tempat tinggalnya, begitu mendengar suara azan maka bergegaslah untuk melakukan shalat berjama’ah di Masjid,  dan ini juga merupakan pesan dari Bapak Bupati sampai Haili Yoga.

Kabupaten Bener Meriah hari ini adalah salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata, menjadi Agro Wisata, dengan salah satu syaratnya adalah harus bersih,  kepada para Reje Kampung Anggaran dana desa itu hamper mencapai 1 Milyar/desa, apakah sudah berubah wajah desa..?,  Beluuuum, jawab para jemaah yang hadir. “Saya berpesan mari Anggaran yang ada itu beroreantasi kepada hasil, bukan kepada SPJ”, tegas Haili Yoga.

Diakhir sambutannya, Drs. Haili Yoga, M.Si, menekankan kepada para Reje Kampung, “Karena tahun 2019 ini akan  berakhir , agar semuanya menyiapkan pertanggungjawabannya, agar nanti di bulan Januari 2020, kita akan didatangi oleh tim yang akan memeriksa semua pekerjaan kita pada tahun 2019, kepada para Reje Kampung yang harus disiapkan kata Drs. Haili Yoga, M.Si,  adalah dokumentasi pekerjaan mulai Januari  sampai Desember 2019”, pungkas Drs. Haili Yoga, M.Si.

Sebelumnya Camat Pintu Rime Gayo Edi Irwansyah Putera, SH dalam laporannya menyebutkan, BKMT ini adalah salah satu wadah untuk bertukar pikiran, tentunya kaum ibu-ibu adalah sebagai vioner atau terdepan dalam pelaksanaan BKMT ini, kata Edi yang juga mantan Kabag Hukum Setdakab Bener Meriah itu.

“Kecamatan Pintu Rime Gayo ini terdiri dari 23 Desa, Alhamdulillah meskipun kami di Kecamatan Pintu Rime Gayo ini hampir setengahnya berkonflik dengan gajah, tapi kami masih semangat dalam melaksanakan BKMT tahun 2019 ini”, Kata Edy Camat Pintu Rime Gayo tersebut.

“Kami dari unsure Forkopimcam Pintu Rime Gayo, sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bener Meriah yang telah mencarikan solusi yang tepat terkait dengan masaalah konflik gajag dengan masyarakat Pintu Rime Gayo”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dibagikan hadiah Lomba Asmaul Husna masing –masing kepada Kampung Rimba Raya sebagai Juara I, Kampung Pantanlah Juara II dan Kampung Blang Rakal diurutan ke-III dan juga diserahkan bingkisan kepada Kampung Negeri antara sebagai peserta terbanyak dalam mengikuti BKMT di Kecamatan Pintu Rime Gayo yaitu sebanyak 73 orang.

BKMT tersebut juga dihadiri oleh seluruh unsure Forkopimda dan Forkopimda Plus, Ketua DWP Bener Meriah Ny. Risnawaty Haili Yoga , S.SiT, para Camat, Forkopimcam Pintu Rime gayo,  para Imam Mukim, Para Reje dan undangan lainnya, sedangkan penceramah diisi oleh Tgk. Nawawi. (Pujo).

Popular Posts