Pentingnya Atensi Publik Bagi Politisi



Oleh : Muhammad Farhan (Prodi Psikologi Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama-Agama Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)


Di dalam dunia perpolitikan khususnya perpolitikan yang berada di indonesia perhatian publik merupakan sebuah keharusan untuk mendulang suara agar politisi tersebut bisa melenggak lenggok menuju kursi kekuasaan yang dia inginkan.
Atensi itu sendiri dalam psikologi merupakan cara seseorang Untuk memusatkan pikirannya di dalam suatu objek

Di dalam dunia perpolitikan pun, seandainya politisi bisa membuat sekelompok masyarakat bisa memusatkan perhatian kepada dia , maka dukungan masyarakat tersebut akan sangat dengan mudah dia dapatkan.

Dan secara kognitif atensi juga mempunyai peran sangat penting yaitu untuk memusatkan dan menyeleksi informasi informasi yang ada di sekeliling kita , dengan penyeleksian tersebut kita secara kognitif bisa dengan mudah memberikan dua pilihan pandangan yakni setuju dengan informasi yang datang atau bahkan menolak dengan informasi yang datang.
Begitu juga ketika politisi ingin mencari dan memikat atensi publik , ada masyarakat yang mendukung program politisi tersebut dan ada juga yang menolak itu semua secara psikologi tergantung dari bagaimana kognitif seseorang dalam menggelola dan menyeleksi sesuatu yang terjadi.

Berbagai  macam cara dan siasat yang para politisi itu lakukan demi bagaimana tujuan dan cara dia untuk mengajak masyarakat bisa memilih politisi ,cara cara para politisi dalam memikat dan menarik atensi publik menggunakan banyak hal.

Popular Posts