Pemkab Aceh Singkil gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu.

foto: Peserta Kader Posyandu saat lakukan Foto bersama Kadis DPMK Aceh Singkil dan Tiga Pemateri Kader Posyandu,Aula Kantor Bapeda,Senin (16/12).

Aceh Singkil, Media Advokasi.com
Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) bersama dengan Dinas Kesehatan Aceh Singkil Menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu, Senin (16/12/2019).

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari tanggal 16 s/d 17 Desember 2019 yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Aceh Singkil Azwir SH di Aula Kantor Bapeda Aceh Singkil.


Pelatihan Kader Posyandu tersebut dihadiri tiga Pemateri yakni, dari P3MD Kabupaten Aceh Singkil Ibu Baliyani, Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi dari Dinkes Aceh Singkil Ibu Ns. Eva Nurfita,S.Kep, dan dari Unicef Bapak Isfani Yunus, 

Adapun Materi dari pada Peningkatan Kapasitas Keder Posyandu tersebut yaitu, Pembangunan Umum, Konvergensi Pencegahan Stunting di Desa dan Rumah Desa Sehat yang di sampaikan oleh Ibu Baliyani dari P3MD Kabupaten Aceh Singkil.

Setelah itu Panduan Orientasi Kader Posyandu yang disampaikan oleh, Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Ibu Ns.Eva Nurfita,S.Kep dari Dinas Kesehatan Aceh Singkil.

Materi Selanjutnya Pengasuhan Positif dalam tahapan perkembangan anak yang di sampaikan oleh Bapak isfani Yunus dari Unicef.

Dalam kesempatan itu Azwir SH, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Aceh Singkil menyampaikan dalam sambutannya sekaligus membuka pelatihan tersebut mengatakan, disini peran ibu-ibu dari kader posyandu tersebut sangat penting, dimana ditangan ibu-ibu bisa menentukan bagaimana generasi bangsa kedepannya,"


Baik itu pada saat ibu-ibu hamil, menyusui dan lain-lain ibu-ibu tersebut sangat mempunyai peran penting disana,"

"Karena Kader posyandu merupakan langkah yang strategis dalam peningkatan kualitas daya manusia (SDM) Indonesia dalam upaya membangun Indonesia sehat,"Ujar Azwir SH.

Dan adapun tujuan dari Kader Posyandu bagi masyarakat, untuk memperoleh kemudahan serta mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi anak balita, ibu, pertumbuhan anak balita terpantau, sehingga tidak menderita kurang gizi buruk,"Kata Azwir.


Sebelumnya Panitia Pelaksanaan Sahab melaporkan tujuan dan sarana dari kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu ini sangat diperlukan bagi masyarakat ibu-ibu yang didesa untuk pencegahan Stunting(gizi buruk) di Aceh Singkil,"

"Dengan terlatihnya kader-kader Posyandu yang mempunyai dedikasi, dalam menjalankan tugas dan fungsinya serta dapat memberikan informasi pelayanan kepada masyarakat nantinya,"Ucap Sahab.

Dan pelatihan tersebut diikuti 116 orang Kader Posyandu, perwakilan desa Masing-masing dari 11 Kecamatan Kabupaten Aceh Singkil.
(Ahmad)

Popular Posts