Mobil Truk Jenis Fuso Angkutan Alat Berat Tanpa Ada Pengawalan


Aceh Tengah, Media Advokasi.com
Kendaraan Truk Jinis Foso pengangkut alat berat terpantau tanpa adanya pengawalan di Jalan Lintas  Bintang-Serule Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah,Sabtu,07,12,2019 siang.

Mobil Jenis Fuso tersebut memiliki bobot yang cukup berat, sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan pengguna jalan lainnya yang melintas dijan tersebut.


Saat Awak media Mengkonfirmasi
Salah satu warga yang hendak berangkat ke kebun mengaku ‘ngeri-ngeri sedap’ jika berdampingan di jalan dengan truk angkutan alat berat tersebut.

Iya juga mengaku khawatir, mengingat kendaraan yang bertonase besar itu bisa membahayakan pengguna jalan lainnya, lebih-lebih tidak adanya pengawalan di depannya. 

“Kalau berpapasan di jalan atau berdampingan ngeri juga, satu mobil saja hampir memakan setengah jalan,” ucapnya. 

“Biasanya sore dan siang, rawan sih kalau tak ada pengawalan. Tapi ada juga yang dikawal,” sebutnya.  

Truk jenis Fuso ini nekat melintasi jalan raya bintang-serule dengan nyaman meskipun tanpa di kawal mobil patwal dari satuan lantas didaerah setempat.


Diduga mobil jenis Fuso ini mengangkut Alat berat menuju tempat arah lokasi pekerjaan proyek yang akan sedang dikerjakan di daerah wilayah serule.

Jika Merujuk Pasal 160 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) juga diterangkan tentang aturan terkait truk angkutan tersebut. 

Menurut Pasal 162 ayat (2) UU LLAJ, kendaraan bermotor umum yang mengangkut alat berat dengan dimensi yang memenuhi dimensi yang ditetapkan dalam Pasal 19 UU LLAJ, harus mendapat pengawalan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.(Pujo).

Popular Posts