Jaga Akun Masing-Masing Untuk Hindari Hacker

Bandung Barat, MA- Sebanyak 110 peserta perwakilan dari Karang Taruna, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Organisasi Kemasyarakatan, Lembaga Swadaya Masyarakat serta Aparatir Sipil Negara (ASN) mengikuti sosialisasi Jabar Saber Hoaks yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan yang mengambil tema "Cek Fakta Baru Bicara" menghadirkan pembicara diantaranya Managing Editor Harian Pikiran Rakyat Deni Yudiawan dan Alfianto Yustinova dari Jabar Saber Hoaks.

Managing Editor Harian Pikiran Rakyat Deni Yudiawan, dalam sesi pemaparan sosialisasinya menegaskan, bahwa sangatlah penting bagi kita untuk selalu menjaga akun-akun yang kita miliki agar terhindar dari pihak-pihak tidak bertanggungjawab (hacker) untuk disalahgunakan.

"Salah satu cara dalam merawat akun-akun yang kita miliki, yakni dengan rajin memperbaharui kata kunci atau password akun-akun kita. Buatlah password kita dengan kombinasi huruf dengan angka yang sulit ditebak orang lain," katanya.

Selain memaparkan materi, Deni yang juga merupakan trainer bersertifikasi Google itu memberikan materi simulasi untuk mengecek satu informasi dengan melibatkan seluruh peserta.

“Metode simulasi ini penting, agar materi yang disampaikan dapat lebih dipahami oleh para peserta”, ujap Dedi, dalam acara Sosialisasi JSH di TNT Kec. Ngamprah, Kab. Bandung Barat.

Sementara itu, Alfianto Yustinova dari Jabar Saber Hoaks mengatakan, bahwa kerterlibatan para pihak untuk turut serta dalam memerangi penyebaran virus hoaks sangatlah penting dan Jabar Saber Hoaks tidak mungkin mampu memberantas penyebaran hoaks dengan sendiri, namun perlu kolaborasi dengan multi-stakeholders.

“Kerterlibatan para pihak dalam memerangi hoaks sangatlah penting. Jabar Saber Hoaks tidak mungkin berdiri sendiri dalam memerangi hoaks”, tegasnya.

Yuli, salah satu peserta dari Karang Taruna mengatakan, bahwa sosialisasi ini sangat bermanfaat, khususnya bagi kalangan milenial seperti pegiat Karang Taruna.

"Kita siap berkolaborasi dengan Jabar Saber Hoaks dalam memerangi penyebaran hoaks khususnya di KBB," tegasnya.(24/12) (yon/Parno)

Popular Posts