Gandeng PPL, Koramil 401-02 Babat Toman Dorong Program Swasembada Pangan


MUBA, MA- Kerjasama Bintara Pembina Desa (Babinsa) dengan Petani terus di dorong untuk menyukseakan Program Swasembada Pangan.

Seperti halnya yang dilakukan Koramil 401-02/Baba Toman jajaran Kodim 0401/Musi Banyuasin, melakukan pendampingan petani menggarap sawah di Sesa Air Balui kecamatan Sangadesa Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (11/12).

Pelda Firmansyah turun ke sawah membantu petani Hasbul (42) membajak sawah seluas 1,5 hektare dengan alat bajak modern traktor dan memberikan memotivasi dan memonitoring, terutama peran serta  anggota dan Ketua Kelompok Tani Bengkuang Jaya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, di Desa tersebut kini sudah banyak petani yang menggunakan tenaga  alsintan, sehingga hasil membajaknya lebih cepat dan mudah.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tugas TNI bersama sama Petugas, Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Sanga Desa untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Desa binaannya. 

Bukan hanya membajak lahan dengan Alsintan, Kodim 0401/Musi Banyuasin memelaui Koramil 401-02 Babat Toman, Pelda Firmansyah juga memberikan pendampingan panen padi dan membantu mengoperasikan alat mesin perontok padi di lokasi Poktan Bengkuang Jaya.

“Kegiatan pendampingan pertanian ini sudah bagian tugas dan tanggung jawab kami sebagai Babinsa yang harus bisa memberikan contoh dan motivasi di setiap ada kegiatan di wilayah desa binaanya,” kata Pelda Firmansyah.

Komandan Kodim 0401/ Musi Banyuasin Letkol Arm M. Saifudin Khairuzamanni melalui Danramil 401-02/Babatoman Kapten Inf Suhartono membenarkan, Dalam mensukseskan program swasembada pangan tersebut.

"TNI Angkatan Darat memerintahkan Babinsa supaya selalu terjun kelapangan dalam berkordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas di lapangan, sehingga dapat berjalan dengan lancar khususnya program pertanian ini," ungkapnya

Keterlibatan TNI AD di sektor pertanian tidak mengganggu Tugas Pokok sebagai tentara, menurutnya sudah ada regulasi tegas yang mengatur keterlibatan TNI dalam program tersebut salah satunya adalah membantu pemerintah daerah mengembangkan sektor pertanian." imbuhnya

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Bengkuang Jaya Adi Saputra (35) menyampaikan masyarakat sangat senang dengan adanya Babinsa yang terjun langsung membantu petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani. 

"Dengan adanya pendampingan dari Babinsa hasil panen tahun kali ini cukup bagus sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat." pungkasnya. (Ril/Jahri)

Popular Posts