Dinas Pertanian Adakan Pelatihan Petani Tembakau

Mediaadvokasi.com, Kabupaten Gayo Lues - Aceh
Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues gelar pelatihan pelaku budidaya tanaman tembakau jenis White Burly, di Green Marmas Hotel Kecamatan Blangkejeren, Kamis (5/11) kemarin.


Petani tembakau yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari perwakilan kelompok tani di Kecamatan Blangkejeren, Blangjerango, Blangpegayon, Kutapanjang, Pantan Cuaca, Terangun dan Tripe Jaya.
Kepala Dinas Pertanian Zakaria, S. Hut, MP melalui Kabid Perkebunan Riduan, SP berharap kepada semua peserta supaya serius dalam mengikuti pelatihan ini, sehingga apa yang didapatkan bisa dimanfaatkan ketika petani mengelola tanaman perkebunan tersebut.

Riduan menjelaskan, pihaknya akan membantu petani dalam hal menjalin kerja sama dengan pihak perusahaan tentang pengelolaan dan pemasaran tanaman tembakau khususnya di Kabupaten Gayo Lues.

“Saat ini Gayo Lues termasuk kabupaten terluas mengambangkan tembakau di Provinsi Aceh, dan disamping itu, sebagian petani juga sudah mendapat bantuan dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT),” jelasnya. (Mahara).

Popular Posts