Desa Pulonas Baru Gelar Musrenbang RKPKute Tahun 2020

Photo: Jahrul Akmal, S.STP, Camat Lawe Bulan Sedang Memberikan Arahan di Musrenbang Desa Pulonas Baru.

Mediaadvokasi.Com, Aceh Tenggara - Desa Pulonas Baru Kecamatan Lawe Bulan Aceh Tenggara menggelar Musrenbang RKPKute Tahun 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Mushola Desa setempat, Minggu (29/12/2019).

Amri, Kepala Desa Pulonas Baru, dalam sambutannya menyampaikan, pembahasan dalam pelaksanaan musrenbang tersebut berkaitan dengan daftar usulan RKPKute Tahun 2020.
 
Photo: Photo Masyarakat Desa Pulonas Baru Mengadiri Musrenbang Des.

“Adapun pembahasan berkaitan dengan bidang pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan,” jelasnya.

Kegiatan Musrenbang ini merupakan kewajiban kita Pemerintah Desa untuk merencanakan pembangunan pada tahun 2020, tambah Ambri.

Sementara itu, Camat Lawe Bulan, Zahrul Akmal SST, berharapan apaun nanti yang akan diusulkan masyarakat jangan ada yang melenceng dari permendes nomor 11/2019.

Supaya perjalan RKPKute yang akan ditetapkan menjadi APBKute tidak terjadi masalah, karena kami selaku camat mempunyai tupoksi untuk memverifikasi dan mengevaluasi. Apa bila ada usulan yang tidak sesuai dengan permendes 11/2019 akan kami pending, kata Zahrul.

Zahrul menjelaskan, ada beberapa skala prioritas yang bisa dikerjakan disamping usulan-usulan dari masyarakat, yakni penyertaan modal BUMK minimal 200 juta. Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa supaya bisa lebih berkembang. Kemudian Program stunting dan karang taruna, juga termasuk skala prioritas nasional.

Selain itu, kata dia, Kecamatan lawe bulan di tahun 2019 ini lumayan berprestasi, juara I Koni Cup turnamen volly ball, kemudian juara III di piala Bupati Cup Agara turnamen sepak bola. Untuk itu, pemuda-pemudi Kecamatan Lawe Bulan meminta agar camat mengusulkan untuk pembelian lahan lapangan sepak bola.

Menurut Zahrul, 13 Desa yang sudah diusulkan rata-rata menyetujui, lapangan sepak bola itu nantinya akan diberi nama lapangan sepak bola Kecamatan.

Pada kegiatan musrenbang itu, manyoritas para peserta musyawarah yang terdiri dari empat dusun mengusulkan agar dibangunnya Balai Desa mereka. Jalan rabat beton dan baju seragam wirid yasin.

Turut hadir pada acara itu yakni, Inspekorat Agara mewakili, BPMK mewakili, Kapolsek Lawe Bulan, Koramil Lawe Bulan mewakili, para pendamping Desa dan tokoh masyarakat setempat.( IZ )

Popular Posts