Camat Bener Kelipah: “Reje Kampung Harus Rubah Pola Pikir Dari Biasa Menjadi lebih inovatif dan Kreatif”

Bener Meriah-Media Advokasi.com
Camat Bener Kelipah Safriadi, S.Pd, M.Pd  melakukan  kegiatan antar tugas 4 (empat) Reje Kampung  dalam Kecamatan Bener Kelipah yang terpilih dan sudah dilantik beberapa waktu yang lalu dari hasil Pilkades serentak tahun 2019 dan telah dilakukan secara marathon mulai tanggal 23 – 24 Desember 2019.

Safriadi, S. Pd, M. Pd, kepada  benermeriahnews  menyampaikan, kami saat melaksanakan antar tugas Reje kampung yang dilaksanakan dan merujuk hasil pemilihan kepala kampung yang di selenggarakan serentak di 138 Kampung se-Kabupaten Bener Meriah tahun 2019, dan telah di lantik oleh bapak bupati Bener Meriah pada 9 Desember 2019  yang lalu, kata Safriadi.

 “Untuk kecamatan Bener Kelipah terdapat 4 (empat)  kampung  yang di antar tugaskan,  yaitu kampung Nosar Baru, Batin Bandar Jaya, Nosar Tawar Jaya dan kampung Gunung Musara yang dilaksanakan selama 2 hari tanggal 23-24 desember 2019”, ungkap Safriadi menjelaskan.
Sementara Camat Safriadi setiap antar tugas para Reje Kampung, dalam arahannya selalu  mengingatkan kepada para Reje yang akan bertugas untuk bekerja secara profesional, menggunakan Dana desa yang berorientasi pada kemanfaatan (outcome) dan keterlibatan semua pihak di kampung, bukan sekedar hanya membangun dan melengkapi SPJ saja. Namun harus melihat kemanfaatan fasilitas yang dibangun dan efektivitas program pemberdayaan yang dijalankan, disisi lain camat Bener Kelipah itu juga menegaskan bahwa Reje sebagai wakil pemerintah harus mampu menjadi penyambung lidah untuk menyampaikan program-program  pemerintah kepada masyarakat.

“Kami ingatkan dan sekaligus kami berpesan kepada para Reje yang akan menjalankan tugasnya, berkerjalah  secara profesional, gunakan  Dana Desa yang berorientasi pada kemanfaatan (outcome) dan keterlibatan semua pihak di kampung, bukan sekedar hanya membangun dan melengkapi SPJ saja”, tegas Safriadi.

Di akhir arahannya camat Bener Kelipah itu juga mengangatkan para Reje Kampung dalam wilayahnya,  “kita harus merubah pola pikir biasa-biasa saja menjadi lebih inovatif dan kreatif. Sehinga potensi-potensi yang terdapat di kecamatan Bener Kelipah terutama potensi wisata dan Pengembangan BUMK dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan PAD desa”, pintanya.

“Kita harus menarik semua mata untuk melihat kecamatan Bener Kelipah bahwa di bumi kita ini ternyata tersimpan banyak potensi yang belum tersentuh”, pungkas Safriadi.

Sementara Sekretaris Camat Kecamatan Bener Kelipah Anwar Sahdi, S.TP, M.Si ketika dimintai keterangannya terkait hal itu, secara singkat mengatakan, apa yang disampaikan oleh Bapak Camat Bener Kelipah itu sesuatu hal yang biasa dan wajar, apalagi terkait dengan Dana Desa, itu sesuatu yang harus dikelolah secara baik oleh para Reje Kampung, gunakan Dana Desa itu dengan sebaik-baiknya, yang pada akhirnya akan bermuara kepada peningkatan taraf hidup, dan perekonomian dikampungya masing-masing, kata Anwar Sahdi.

“Kita tidak ingin para Reje Kampung kita, khususnya di Kecamatan Bener Kelipah   ada Reje yang berurusan dengan hukum di kemudian hari, kita tidak inginkan itu, dan itu yang selalu diwanti-wanti oleh Bapak Camat”, kata Anwar Sahdi.

Turut hadir dalam acara selain sekcam Anwar Sahdi, S. TP, M. Si, juga  Kasi Pemerintahan Elpan Hidayat, S. STP dan Para mukim di wilayah kecamatan Bener Kelipah. (Pujo).

Popular Posts