Bupati Bener Meriah Launching dan Serahkan Kartu Petani Mulia (KPM) secara Simbolis kepada Masyarakat Bener Meriah.

Bener Meriah.Media Advokasi.com
Bupati Tgk. H. Sarkawi  Launching sekaligus menyerahkan Kartu Petani Mulia (KPM) kepada masyarakat Kabupaten Bener Meriah yang berhak untuk menerima atau mendapatkannya di Kantor Bank Mandiri Cabang Kabupaten Bener Meriah Simpang Tiga Redelong Kecamatan Bukit, Jum’at, 13/12/2019.

Bupati Tgk. H. Sarkawi sebelum menyerahkan  KPM tersebut terlebih dahulu memberikan sambutan sekaligus arahannya yang berisikan antara lain, pada hari ini kita meluncurkan sebuah program yang diskusinya cukup menaraik dan ini sudah dicanangkan cukup lama, Cuma waktu itu kita sambil berproses menuju bentuk yang paling tepat, kata Bupati Tgk. H. Sarkawi.
“Untuk mencapai program yang kita inginkan bersama yaitu program Kartu Petani Mulia”, ungkapnya.

“Bener Meriah adalah sebuah Kabupaten yang basicnya, dasarnya,  potensi utamanya adalah pertanian, jadi pertanian menjadi penyumbang utama pembangunan daerah”, tandas Abuya Tgk. H.  Sarkawi.
Lebih Lanjut Bupati juga menyampaikan, semua warga Bener Meriah adalah petani, tapi kalau bantuan dari Pemerintah untuk pertanian sudah banyak, tapi menyentuh ke orang-orangnya mungkin belum,  jadi ini kita sempurnakan, bagaimana pertanian itu betul-betul mendapatkan insentif, betul-betul mendapatkan perhatian dari pemerintah, jelasnya.

“Pada tahun ini banyak sekali program sebenarnya, ada program pemberian bibit, Bawang Putih, dan lainnya, melengkapi itu semua ini satu satu program yang lain yaitu Kartu Petani Mulia”, kata Bupati sambil menunjukan KPM tersebut.
“Ini ada sebuah  Kartu, Kartu Petani Mulia (KPM), kartu ini ada uangnya,  untuk tahun ini baru sedikit yaitu sebesar Rp. 900.000 an dalam KPM ini, Petani datang ke toko-toko dengan menggunakan kartu ini, yang suda bekerjasama dengan Bank Mandiri, sehingga dengan kartu ini petani bisa mengukur sendiri, maunya menanam apa, kenapa menjadi mulia karena dia sendiri yang menentukan pilihannya, dan tidak datang lagi ke pemerintah untuk meminta bantuan, karena sudah ada Kartu”, Kata Bupati Menjelaskan.

“Tahun ini untuk awal kita baru produksi sedikit, hanya sekitar 2.450an KK yang terbantu, tapi untuk 2020 Insyaallah kita akan bantu sekitar 15.000 KK, dengan bantuan teman-teman Dewan alokasi anggarannya sudah selesai “, tegas Bupati.

Sementara Kadis Perantanian dan Pangan yang diwakili oleh Sekretaris Jasnis Gunawan melaporkan, acara ini dalam rangka inplementasi program dan kegiatan untuk meujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten  Bener Meriah sebagai mana yang tertuang dalam Qanun Kabupaten Bener Meriah No. 6 Tahun 2018 tentang pembangunan jangka menengah daerah tahun 2017 – 2022, dalam misi ke-4 salah satunya disebutkan adalah untuk meujudkan tata kelola pertanian, perkebunan yang berkelanjutan, kata Jasnis Gunawan.

Sejalan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2018 yang merupakan perubahan ke-3 atas Permendagri No. 32tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bansos dari APBD, ungkapnya.

“Pemberian Bansos diberikan kepada petani yang tidak mampu dengan menggunakan basis data terpadu (BDT) yang bersumber pada keputusan Menteri Sosial RI No. 71/HUK/ 2018 tentang Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin dan Orang tidak mampu tahun 2018”, jelas Jasnis.

Lanjut Jasnis, dasar hokum tentang pelaksanaan kegiatan ini Qanun Kabupaten Bener Meriah No. 6 Tahun 2018, tentang RPJMD tahun 2017 – 2022 dan Qanun No. 07 Tahun 2018 tentang APBK Bener Meriah Tahun TA. 2019, Perbup Bener Meriah No. 133 Tahun 2018 tentang penjabaran  APBK Bener Meriah TA 2019,Perbup Bener Meriah No. 28 Tahun 2019 Perubahan ke-2 atas Perbup Bener Meriah No. 133 Tahun 2018  tentang penjabaran pendapatan Belanja Kabupaten Bener Meriah Tahun 2019, Perbup Bener Meriah No. Tahun 2019 tentang mekanisme penyaluran Bansos KPM TA. 2019, Keputusan Bupati Bener Meriah No. 401/655/SK/2019 tentang penerima manfaat Bansos untuk petani miskin Kabupaten Bener Meriah TA. 2019, paparnya.

Sedangkan Pimpinan Bank Mandiri Cab. Bener Meriah Setiawan mengunkapkan, tujuan pemberian Bansos dari Pemerintah Daerah kepada masyarakat, kami dari pihak Bank Mandiri mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya khususnya kepada Bupati Tgk. H. Sarkawi dan seluruh jajaran yang telah memberikan kesempatan serta menjalin hubungan baik dengan Bank Mandiri , ucap Setiawan.

Hadir dalam penyerahan Bansos KPM tersebut, Sekda, Inspektur pada Inspektorat, Sataf Ahli Bupati, Kepala BPS, Perwakilan Kodim 0106/AT-BM, Para Kepala SKPK, Wakil Ketua DPRK dan Anggota, para Kabag, para Camat, Kapolsek dan undangan lainnya.

Selanjutnya acara dirangkai dengan pemberian secara Simbolis KPM kepada masyarakat yang berhak, dan menguji coba KPM tersebut disalah satu toko penjual alat pertanian didaerah setempat, dan Bupati beserta rombongan langsung menuju Kampung Tingkem Kecamatan Bukit untuk penempelan Stiker ke rumah penerima Bansos Keluarga Prasejahtera Kabupaten Bener Meriah, yang langsung dilakukan oleh Bupati Tgk. H. Sarkawi, Sekda Drs. Haili Yoga, Wakil Ketua DPRK Anuar. (Pujo).

Popular Posts