Bupati Hadiri Penyulutan Api Unggun Perjusami Gudep Smansa Bkj

Mediaadvokasi.com, Kabupaten Gayo Lues - Aceh
Bupati Gayo Lues H. M Amru selaku Kamabicab (Ketua Majelis Bimbingan Cabang) menghadiri penyulutan api unggun Perjusami Gudep Smansa Bkj, Sabtu (14/12/19) di Dsn. Tenirung  Kp. Cinta Maju, Kec. Blangpegayon. 

Penyulutan api unggun dimulai dengan sebuah upacara, sebuah prosesi untuk mengingatkan kita bagaimana kisah sang bapak pramuka terdahulu. Penyulutan api dimulai sekitar pukul 21.00 Wib, yang  dihadiri oleh jajaran pengurus Kwarcab Pramuka Kabupaten Gayo Lues.
Amanat pembina upacara SJ. Panjaitan mengatakan, SMAN 1 Blangkejeren merasa tersanjung karena dapat dihadiri oleh Bapak Bupati, baik saat pembukaan maupun penyulutan api unggun pada acara  Buper Perjusami. Ini suatu kehormatan bagi Gudep SMAN 1 Blangkejeren.
Dalam upacara, Panjaitan menceritakan sedikit sejarah tentang bapak pramuka seduania, dikatakan, Sir Robert Baden Powel, bapak pramuka sedunia semasa hidupnya berkelana sampai ke hutan, untuk menghindari dari binatang buas maka Baden Powel menyalakan api, penyulutan api itulah yang sekarang kita laksabakan. Ada yang menyampaikan bahwa mengeliling api saat penyulutan api adalah ritual menyembah api. Itu tidak benar. 
"Kegiatan mengelilingi api itu hanya sebuah prosesi mengatur barisan agar gerakan anggota penyulutan api seirama dan tidak saling bertabrakan. Api adalah lambang yang menunjukan sifat menggelora, membara di dalam hati untuk membangun hati, membangun semangat, untuk membangun negeri ini," kata Panjaitan.

Kehadiran Bupati sebagai Kamabicab pada acara tersebut, yang dihadiri oleh seluruh jajaran Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gayo Lues juga untuk membicarakan peluang Kabupaten Gayo Lues sebagai tuan rumah Jambore Daerah Tahun 2020. Bagaimana kesiapan Kwarcab Gayo Lues sebagai tuan rumah. Namun sebelum itu dilakukan terlebih dahulu pengurus Kwarcab Gayo Lues dikukuhkan. (Hendri).

Popular Posts