Bupati Buka Perjusami Gudep SMAN 1 Blangkejeren

Mediaadvokasi.com, Kabupaten Gayo Lues - Aceh
Bupati Gayo Lues H. M Muhammad Amru selaku Kamabicab Pramuka membuka kegiatan Perjusami (Perkemahan Jum'at Sabtu Minggu) Gugus Depan (Gudep) Pramuka SMAN 1 Blangkejeren (Smansa Bkj), Sabtu (14/12/19) di Dsn. Tenirung, Kp. Cinta Maju Kec. Blangpegayon.

Kegiatan Bumi Perkemahan (Buper) Gudep Pramuka Smansa Bkj ini merupakan kegiatan kenaikan tingkat dari penegak ke bantara yang selanjutnya pada hari Minggu (hari terakhir) akan digelar acara pelantikan bantara.
Ketua Panitia Pelaksana Aguswati Gulo, M. Pd dalam laporannya mengatakan, kegiatan perjusami ini diikuti sekitar 205 peserta yang seluruhnya dari Gudep Pramuka Smansa Bkj, ini merupakan agenda rutin SMAN 1 Blangkejeren sebagai inplementasi ekstrakulikuler kepramukaan yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa, membentuk jiwa korsa, dan kepemimpinan. Meningkatkan kemandirian, meningkatkan kedisiplinan, meningkatkan kejujuran, ketakwaan,  kesetiakawanan, rasa sosial yang tinggi,  dan jiwa gotong royong.
Apabila kedisiplinan dapat diterapkan di pramuka, maka kedisiplinan siswa juga dapat diterapkan di sekolah, dan apabila disiplin disekolahnya maka dapat juga menerapkan kedisiplinan di rumah dan lingkunganya, ini yang diharapkan. Sehingga hidup masyarakat kecil dapat dirasakan, suka duka, dapat dirasakan, saling mengasihi dan menyayangi antara sesama dan dapat merasakan hidup yang sebenarnya sehingga siswa siap terjun ke tengah masyarakat.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Pemda Gayo Lues, Kapolres Gayo Lues dan Dandim 0113/Gayo Lues yang telah begitu peduli terhadap kegiatan pramuka ini. Kami berharap kedepan pemda dan instansi Polres dan Kodim dapat terus mendukung kegiatan pramuka ini," kata Aguswati Gulo.
Sementara itu Bupati Gayo Lues saat membuka acara menyampaikan, melihat Buper Gudep Smansa Bkj ini dirinya meminta agar jajaran dinas pendidikan dan Kwarcab Pramuka Gayo Lues agar memotivasi sekolah lain untuk bisa dan mampu menyelenggarakan kegiatan seperti ini. Bukankah ini suatu kebanggan, SMAN 1 Blangkejeren nomor satu, saya punya harapan besar kepada sekolah ini untuk menoreh suatu prestiasi. Buper Gudep Pramuka Smansa Bkj ini adalah kegiatan ekstrakulikuler seharusnya dilaksanakan secara reguler, minimal ada sekali dilaksanakan oleh setiap sekolah di setiap tahunnya.

Namun sayang, kewenangan sekolah tingkat SMA diambil alih oleh provinsi sehingga membatasi kewenangan pemerintah kabupaten, pengalihan ini berkesan seolah pemerintah kabupaten tidak mampu untuk menyelenggarakan pendidikan ditingkatannya.

"Saya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para peserta, saya mendengar ada 10 Dasa Darma Pramuka ini sebaiknya bukan hanya sekedar  dihafal, akan tetapi dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari. Apabila kita merasa menyimpang dari agama, akhlak, dan prilaku, kita harus mengatakan saya anggota pramuka maka kita harus meluruskannya. Percayalah para pemimpin saat ini, termasuk saya dulu waktu sma aktif di kegiatan pramuka. Apa yang dipelajari di pramuka dulu ternyata juga tetap menerapkannya pada saat ini, seperti, jiwa korsa, bermasyarakat, saling membantu, bersosialisasi, dan lain sebagainya," kata H. Amru.

Saat ini, terang H. Amru, Kabupaten Gayo Lues sedang mempersiapkan diri sebagai tuan ruamah untuk pelaksanaan perkemahan pramuka tingkat provinsi Aceh yang akan dilaksanakan bulan Agustus 2020 mendatang. Kita harus mempunyai bumi perkemahan permanen yang representative sehingga kita tidak perlu pindah- pindah dan mencari lokasi yang layak, aman dan memadai dalam setiap kali melaksanakan perkemahan. 

"Saya berharap adik-adik ini bisa menjadi hebat di sekolahnya, bagi sekolah lain di Gayo Lues hingga diluar Kabupaten Gayo Lues. Untuk menjadi hebat tentu dibutuhkan banyak usaha, diantaranya belajar sungguh-sungguh, disiplin, rajin dan patuh kepada guru, dan taat kepada kakak pembina," lanjutnya.

Sebagai informasi tambahan, lokasi Bumi perkemahan Perjusami yang digunakan panitia saat merupakan kali pertama digunakan umum, lokasi ini nantinya akan digunakan sebagai pembangunan gedung pesantren hafidz terpadu. Tepatnya diatas kolam H. M Amru, disamping gedung BLK (AGF) binaan Kemenakertrans.
Adapun agenda kegiatan yang dilaksanakan diantaranya adalah lomba tenda terbaik, sangga terbaik, peserta teraktif/terbaik, rangking 1, lomba pents seni, lomba pidato dengan tema hari pahlawan dan hari maulid. Semuanya itu dikemas dalam kegiatan pembinaan, api unggun dan hiking. 

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Bupati Gayo Lues H. M Amru, Kapolsek Blangkejeren Iptu Suwandi, Danramil Blangkejeren Kapten Inf Fazrul Azwar diwakili oleh Bati Tuud Serma Sukanta, ketua komite sekolah Abdul Manaf, SE, Sekretaris Kwarcab Pramuka Gayo Lues Deni Hartawan beserta tim kakak pembina pramuka. (Hendri).

Popular Posts