Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi Hadiri dan Ikuti Rakor P3MD Se-Aceh Tahun 2019

Banda Aceh, Media Advokasi. com
Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menghadiri sekaligus mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) se-Provinsi Aceh di Amel Convention Centre Aceh Besar- Banda Aceh, Jum’at, 29/11/2019.

Rakor yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) provinsi Aceh tersebut dibuka langsung  oleh Plt. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT yang dihadiri oleh seluruh Bupati dan Wali Kota se-Aceh.


Kepala DPMG Prov. Aceh Azhari, SE.M.Si dalam laporannya menyampaikan, mengingat Program Inovasi Desa  Tahun 2019 kita sudah merasakan menfaat dan dampak tersebut yang sangat efektif dan inovatif selama 3 tahun terakhir, kata Azhari.

“Kita juga melakukan koordinasi dan konsolidasi peran tanaga pendamping professional  yang saat ini berjumlah 2.845 orang yang sesuai dengan Tupoksinya”, ungkanya.


Lanjut Kepala DPMG Aceh tersebut, kegiatan ini bertujuan melakukan evaluasi terhadap capaian penyaluran dan penggunaan Dana Desa tahun 2019 guna melakukan kebijakan dalam uapaya percepatan penyaluran yang saat ini belum terealisasi sebagaimana yang diharapkan, kemudian juga membahas upaya percepatan penetapan APBG tahun 2020 paling lambat akhir Desember 2019 oleh masing-masing Gampong, jelas Azhari.

Sementara Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi melalui Kabag Humas dan Protokol Setdakab Bener Meriah Wahidi, S.Pd.MM  mengungkapkan, Rakor ini adalah  sebagai upaya pemerintah  khususnya DPMG Aceh yang tujuannya  untuk  perbaikan kualitas perencanaan dan penganggaran Desa yang  berbasis Inovasi , kata Bupati melalui Kabag Humasnya.

Tambah Wahidi, Jika untuk berinovasi sangat sulit, maka kita harus mengubah mindset kita untuk menjadi lebih maju dan dapat mewujudkan desa yang eksotis seperti apa yang telah diungkapkan oleh Bapak Bupati disetiap kesempatan, selain itu, peran masyarakat desa juga sangat penting. Untuk saat ini, masyarakat didesa  dapat memposisikan dirinya sebagai mesin penggerak yang dapat memberikan dorongan untuk memajukan desanya, dengan motivasi yang tinggi, pinta Bupati.

Pesan Bapak Bupati, sampai Wahidi, “jangan pernah berhenti, jangan pernah lelah, jangan pernah ragu–ragu untuk selalu memajukan desa masing-masing “, kata Wahidi menyampaikan pesan Bupati Tgk. H. Sarkawi.

Rakor tersebut berlangsung selama 3 hari 28 Nopember – 1 Desember 2019 dan diikuti oleh 700 orang yang terdiri dari Pemangku Kepentingan Prov. Aceh, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Gampong se-Aceh dengan unsur-unsur sebagai berikut, DPMG Aceh 4 orang, DPMG Kab./Kota 23 orang, Bappeda Kab/Kota 23 orang, DPKAD Kab/Kota 23 orang, Dinkes Kab/Kota 10 orang, Perwakilan CSR ,Kadin, Unicef, dan LSM 4 orang dan lainsebaginya. Dengan menghadirkan para Narasumber Unsur Irjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT RI, Kanwil Dirjen Perbendaharaan  Aceh, Senior Advisor Word Bank, Kapolda, Kejati Kadinkes, Kepala BPKP Perwakilan Aceh, dan Narasumber lainnya. (Mahendra).

Popular Posts