AKBP Asep Pujiyono : Arus Balik Tahun Baru Harus di Antisipasi

Bandung, MA– Lonjakan aktifitas mudik baik orang ataupun kendaraan saat perayaan Natal 2019 dan liburan Tahun Baru 2020 diprediksi tidak akan terlalu besar. NAmun perlu kewaspadaan aat arus balik.

“Kalau arus mudik waktunya panjang, namun untuk arus balik, diprediksi akan terjadi tanggal 1 Januari 2020, jadi akan ada lonjakan tanggal itu,” kata AKBP Asep Pujiono Ditlantas Polda Jabar dalam Rakos Nataru 2019-2020 di kantor Dishub Jabar.

Bogor dan Bandung akan menjadi titik paling padat saat arus liburan tahun baru 2020. Namun lokasi wisata lainnya yang juga perlu mendapatkan perhatian adalah Pangandaran. Tahun lalu Pangandaran, Sukabumi dan Anyer tergolong sepi, sebab takut tsunami. Sekarang sudah reda jadi akan ada lonjakan kesana,” tegasnya.

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Transportasi Darat Wilayah 9 D Prakosa menambahkan selain kendaraan pribadi, pihaknya juga melakukan pengamana terhadap kendaraan umum. Kegiatan pemeriksaan kendaraan atau ramcheck dilakukan di 7 lokasi di wilayah Jawa Barat.

Antara lain Garut, Cianjur, Sukabumi, Cimahi, Bandung, Tasik, dan Ciamis.  Kami cek lampu, bodi, rem dan lain-lainnya.

“Sayangnya memang masih banyak yang tidak lolos, sekitar 30 persen tidak layak, kita kembalikan,” tegasnya.

Namun sebagai antisipasi jika ada yang nakal, pemeriksaan akan dilakukan bagi bus yang tidak masuk terminal dengan menggandeng Polda Jawa Barat. (yon/JO)

Popular Posts