Rangka Baja Jembatan kilangan sepanjang 389 meter, ditargetkan selesai 26 Desember 2019.

foto: Pembangunan Jembatan Kilangan sudah mencapai 85 persen, Sabtu (30/11/2019).

Aceh Singkil Media Advokasi.com
Proyek Pembangunan Jembatan sepanjang 389 meter di desa kilangan sebagai salah satu akses Penyeberangan Singkil-Kuala Baru dan Bulusema terus dikebut, Sesuai kontrak, proyek senilai Rp 42,9 miliar itu diperkirakan selesai pada Desember 2019.

General Superintendent PT Cipta Yunanda, Agus Haiyar selaku penanggungjawab kontraktor pelaksana mengklaim, pekerjaan Proyek pembangunan jembatan rangka baja pada 26 Desember 2019 mendatang selesai hingga tujuh bentang di atas enam pilar jembatan sepanjang 389 merter sudah mencapai 85 persen.


"Ini belum termasuk pangerjaan rangka baja 2 unit, begitu close rangka baja progres naik menjadi 92 persen," kata Agus saat ditemui di lokasi kerja, Sabtu (30/11/2019).

Menurut dia, saat ini tinggal penambahan pemasangan bentang 3 dan bentang 7. Kemudian pekerjaan pengecoran lantai, pembersihannya satu bentang sudah selesai. untuk bentang 2 besinya sudah ada, dan sedang dikerjakan.

Tinggal pengerjaan beton. "Selesai beton, artinya project sudah selesai, sesuai anggaran lantai yang dibeton hanya 2 bentang,"

Pengerjaan bentang dilakukan secara simultan. Sementara pengerjaan 1 bentang memakan waktu hingga 10 - 11 hari.

Saat ini pekerjaan terus dikebut diantaranya dengan manambah alat long amp. Pekerja bekerja lembur hingga jam 12 malam.

Agus menyampaikan, sejak proyek ini dalam pengerjaan, tidak ada kendala berarti.
 
Kemarin yang sedikit terhambat pada pemasangan bentang 1 dan bentang 2. Program awal menggunakan counterweight atau lingset karena dinding penahan oprit tidak kuat, terpaksa menghilangkan waktu selama 2 minggu untuk mendatangkan batang kelapa sebagai prancah. 

Tetapi, masalah itu sekarang bisa diatasi. "Yang seharusnya sudah bisa memasang bentang, digunakan untuk mencari batang kelapa," jelasnya.

Dia menyatakan, dengan sisa waktu yang ada, ditargetkan selesai pada 26 Desember 2019.

Syaiful M Amin, selaku konsultan tim pengawas menambahkan sisa pekerjaan tinggal pengecoran abuntmen, pengecoran lantai jembatan dua bentang.

"Sementara pemasangan rangka baja menyisakan 4 bentang dari total 7 bentang," kata Syaiful.
(Ahmad)

Popular Posts