Puskesmas Blang Kuta Memang Layak Mendapat Akreditasi


Pidie Jaya-Aceh. Media Advokasi.com
VIDEO PARA TIM MEDIS PUSKESMAS BLANG KUTA, SERUAN UNTUK AKREDITASI

Tim Penilaian Akreditasi dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melakukan penilaian akreditasi terhadap Puskesmas Blang Kuta, Kecamatan Bandar Dua, Kabupaten Pidie Jaya, Kamis 7/11/2019.

Dalam kunjungan tersebut, tiga suveor perwakilan kemenkes RI disambut meriah oleh kepala Puskesmas beserta staf dan seluruh tim medis di puskesmas tersebut.

Memasuki pekarangan puskesmas, tim suveor disambut dengan Tarian Cuci Tangan yang dimainkan oleh murid-murid SD Blang Kuta.

Abdul Mukhlis, dari Kementrian Kesehatan RI merasa terpesona dengan nyanyian Ranub Lam Puan dan puas dengan keadaan Puskesmas dan para pegawai yang begitu rapi, disiplin dan tertib.

"Saya bangga dengan kondisi Puskesmas ini yang begitu asri. Bukan hanya halamannya saja, tapi para pegawai puskesmas ini cukup disiplin, ceria dan cantik-cantik," ucap Mukhlis.

Seterusnya, pihak puskesmas mempersilahkan vasilisator memasuki aula untuk berkenalan dan mendengar penjelasan kepala Puskesmas dalam memaparkan visi-misi dalam profil puskesmas Blang Kuta.

Dari tampilan isi profil yang ditampilkan di layar monitor, nampaknya para tim suveor merasa puas dengan keterangan dan capaian yang dilakukan puskesmas tersebut. Seperti pada target menangani persoalan HIV, tidak asa kasus sama sekali. Seterusnya pada pencapaian penanganan Kesehatan Gizi dan Gigi, dari persentase yang ditarget, malah capaiannya di atas target, dan pada penanfanan orang gila, puskesmas sukses menangani sampai 100 persen. Artinya, capaian puskesmas tersebut di atas yang ditargetkan.

Sedangkan untuk tenaga medis, secara total sudah 66 orang tenaga yang meliputi dokter S 2 satu (1) orang. Sedangkan untuk dokter S1 sebanyak sembilan (9) orang, yaitu dokter umum lima (5) orang, dokter gigi satu (1) orang dan dokter Kesehatan Masyarakat satu (1) orang.

Selanjutnya, dilihat dari luas puskesmas yang meliputi halaman, kamar dan peralatan juga memadai. Sesuai dengan status puskesmas yang non rawat inap, memiliki satu unit mobil ambulance dan satu unit rumah dinas dokter, dan pantas mendapat akreditasi.

Untuk itu, sudah selayaknya Puskesmas Blang Kuta untuk mendapat Akreditasi, walau tingkat Madya, agar dalam melayani masyarakat lebih memuaskan lagi.

Kepala Puskesmas Blang Kuta, Abdul Majid, mengharapkan agar didalam melakukan penilaian untuk verifikasi, pihak kemenkes juga bisa membimbing para staf puskesmas, agar lebih maksimal lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di puskesmasnya.(Ismed) 

Popular Posts