Perawat di Puskemas Cinta Maju Raih Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Aceh

Mediaadvokasi.com, Kabupaten Gayo Lues - Aceh
Salah satu perawat yang bertugas di Puskesmas Cinta Maju Kecamatan Blangpegayon, Nazilaton meraih prestasi sebagai tenaga medis teladan 3 dibidang farmasi, dalam perlombaan pemilihan Tenaga Kesehatan (Nakes) teladan tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Puskesmas Cinta Maju Kecamatan Blangpegayon, dr Fitri, Selasa (26/11/2019).

dr. Fitri mengatakan, dalam mengikuti perlombaan tersebut, pihak panitia meminta makalah setiap peserta. Selanjutnya, makalah itu dipresentasikan didepan panitia serta melakukan kunjungan langsung ke Puskesmas Cinta Maju, untuk melihat kondisi puskesmas.

“Hasilnya, Nazilaton berhasil meraih juara 3 tingkat Provinsi Aceh sebagai tenaga medis teladan 2019 bidang Farmasi,” kata dr. Fitri

Diluar itu, dr Fitri menyampaikan, saat ini Puskesmas Cinta Maju memiliki Dua program unggulan, yakni BAKAR SATE (Bank Darah Desa Tetingi) dan BUKDE (Buku Lembar Balik Panduan Ibu Hamil Berbahasa Daerah Gayo).

Untuk program Bank Darah Desa Tetingi (BAKAR SATE), setiap warga di Kampung Tetingi Kecamatan Blangpegayon, golongan darahnya sudah diketahui, sehingga, jika ada warga yang memerlukan tranfusi darah, maka sudah ada peta golongan darah yang dibuat Puskesmas Cinta Maju.

Kemudian sambungnya, untuk program BUKDE itu sendiri, inovasi ini sengaja dilakukan, mengingat masih banyak warga yang lebih cepat mengerti dan memahami penyampaian informasi, jika memakai bahasa daerah Gayo.

“Aslinya lembar balik panduan ibu hamil ini berbahasa Indonesia, tapi, agar masyarakat bisa cepat memahami, maka kami berinovasi dengan mengubah buku panduan ibu hamil itu ke bahasa Gayo. Sekarang semua Bidan Desa di Puskesmas Cinta Maju sudah memiliki buku panduan ibu hamil berbahasa Gayo ini,” pungkasnya. (Mahara)

Popular Posts