Menjaga dan Manfaatkan Lahan Pasca Kebaran, Serda Sutrasno Terima Penghargaan Dari Kepala BNPB


RIAU, MA- Badan Nasional Penanggulangan Bencana memberikan apresiasi dan penghargaan kepada individu yang telah melakukan kegiatan menjaga, merawat alam serta pemanfaatan lahan pasca kebakaran kepada Babinsa Koramil 402-02/Pedamaran Dim 0402/OKI Serda Sutrasno di hadapan ratusan mahasiswa Unri di Gedung Sultan Balia Fakultas Sosial Politik Kampus Universitas Riau (Unri), Selasa (05/11/2019).

Penghargaan yang diberikan oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, ada 5 November 2019, di Pekanbaru-Riau, adalah: 1.Irma Tambunan – Wartawan Kompas Cetak Jambi, “Mengungkap Pembalakan Liar di Jambi lewat Pemberitaan”. 2.Rhama Purnajati – Wartawan Kompas Cetak Palembang, memberitakan “Budidaya Nanas untuk Menyelamatkan Gambut dari Karhutla di Sumsel”. 3.Majidun – Petani Nanas Dusun IV (Sepucuk), Kayu Agung, OKI, Sumsel
4.Serda Sutrasno – Babinsa dan Petani Nanas Dusun IV (Sepucuk), Kayu Agung, OKI, Sumsel.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Riau (Gubri) H. Syamsuar, Kepala  Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead, Danrem 031/WB Brigjen TNI Muhammad Fadjar, Rektor Unri Prof Aras Mulyadi beserta mahasiswa Universitas Riau (Unri).

Di antara paparan Kepala BNPB menyatakan bahwa untuk mencegah agar persoalan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di masa akan datang, perlunya komitmen semua pihak, dan tanpa membebankan tanggung jawab kepada pemerintah saja. Kemudian pemerintah sendiri melalui pihak terkait terus berupaya melakukan pencegahan dengan memberikan jalan agar paradigma membuka lahan dengan cara membakar tidak lagi terjadi, dengan menyediakan peralatan pertanian yang dibutuhkan kepada masyarakat. (Ril Penrem Gapo)

Popular Posts