Masyarakat Puitri Betung Terima Bantuan Bibit Jernang



Mediaadvokasi, Kabupaten Gayo Lues - Aceh
Masyarakat Putri Betung yang tinggal di TNGL terima bantuan bibit Jernang, bantuan berasal dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gayo Lues yang diberikan kepada Masyarakat yang tinggal di sekitar Hutan TNGL.

Bibit jernang diberikan langsung oleh Dirjen KSDA  dan Ekosistem .  Ir Wiratno Msc. Damping Oleh Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru dan Anggota DPRRI Salim Fahri, Pada Selasa (12/11/19) di Los Pasar Putri Betung.

Kedatangan Dirjen KSDA Wiratno Ke Gayo Lues bertujuan untuk melakukan MoU antara KSDA Dengan Bupati Gayo Lues dalam melestarikan hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Louser serta hutan -hutan yang ada di Gayo Lues.
Wiratno menyebutkan masyarakat boleh memafaatkan hutan yang ada di taman Nasioanal Gunung Louser, dengan tanaman yang bisa melatarikan hutan juga bisa bermanfaat bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar hutan. Salah sataunya dengan budi daya jernang, kemiri dan tanaman lainya.

Kadis Lingkungan Hidup Irwansyah mengatakan bibit  Jernang diberikan bukan saja pada 4 kelompok Tani yang ada di kecamatan Putri Betung. Tetapi diberikan juga kepada 3 kecamatan Lainnya seperti Blangkejeren. Dabun Gelang dan Blangpegayon. Bertujuan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan agar masyarakat tidak lagi menebang hutan tetapi bisa memafaatkan lahan lahan yang terlantar.
Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru  meminta kepada masyarakat Putri Betung agar tidak resah lagi dengan isu relokasi pemukiman. Sudah ada ketentuan baru yang membolehkan masyarakat memanfaatkan hutan TNGL sebagai tempat pemukiman dan tempat usaha. Bagaiman hutan lestari masyarakatnya sejahtera.
Bantuan jernang ini merupakan awal dari pemerintah daerah selanjutnya nanti diharapkan yang lebih besar dari Kementerian Lingkungan Hidup.
Pada kesempatan itu H. Amru juga berharap Anggota DPPRI Fahri agar bisa membantu masyarakat Putri Betung untuk memberdayakan ekonomiinya,
Fahri berjanji kepada masyarakat Putri betung akan memfasilitasi agar masyarakat Putri Betung Bisa mendapatkan bantuan bibit -bibit tanaman yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. (Mahara)

Popular Posts