Limbah PT. Cendana Putra Lestari diduga Cemari Drainase dan Kolam Warga

Air Limbah Yang Menggenang di Drainase Tampak Kotor dan Menimbulkan Bau Menyengat (FOTO/ANS-MA)

Banyuasin, MA - Limbah PT. Cendana Putra Lestari yang berlokasi di Kelurahan Air Batu Kecamatan Telang Kelapa Kabupaten Banyuasin, diduga cemari lahan dan kolam warga, ikan-ikan pun sampai mati, Senin (04/11/2019).

Air Limbah Yang Menggenang di Drainase Tampak Kotor dan Menimbulkan Bau Menyengat (FOTO/ANS-MA)

Berdasarkan pantauan dilapangan terlihat genangan limbah di lahan masyarakat yang sangat pekat dan bau, saat ditelusuri memang terlihat pipa keluar yang berasal dari PT. Cendana Putra Lestari.

Salah satu warga setempat Rt.18 Rw.08 Kelurahan Air Batu Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, yang enggan disebut namnaya menjelaslan, "ini belum banjir pak, kalo musim hujan masuk pak ini banjir sampai masuk ke kolam ikan, ikan-ikan disini pun sempat mati semua". Ungkapnya

" Perusahaan ini sudah bergerak kurang lebih 4 tahun, dan memproduksi box telur". Tambahnya.

FOTO/ANS-MA
Tampak Saluran Pipa Yang Keluar di Belakang PT. Cendana Putra Lestari (FOTO/ANS-MA)

Saat dikonfirmasi pihak Perusahaan terkait masalah limbah, security Imam Mahmud menjelaskan tidak ada humas pak disini, tidak ada pimpinan perusahaan, dan tidak ada yang bisa dimintai konfirmasi terkait limbah tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin Ir. Irzo Maita, S.Mi saat dikonfirmasi via WhatsApp Pukul 13.19 Wib menjelaskan akan segera mengecek izin dan dugaan terkait pencemaran tersebut.

"Setiap usaha harus memiliki dokumen lingkungan dan atuhi ketentuan yang diatur terrmasuk masalah pengelolaan limbah.  Apabila ada yang mencemari lingkungan akan kita berikan sanksi sesuai peraturan.  Mulai sanksi administaasi (teguran tertulis),  sanksi paksaan,  pembekuan izin dan yang paling tinggi pencabutan izin,  tentu harus melalui prosedur sesuai peraturan yang berlaku". Tegas Irzo. (red)

Popular Posts