Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 044/Gapo Berakhir



PALEMBANG, MA- Menindak lanjuti Direktif latihan penanggulangan bencana alam yang jatuhnya pada Triwulan ke IV untuk program kerja Ta 2019.Korem 044/Gapo sudah menyelenggarakan rangkaian kegiatan tersebut. Setelah pemberian materi materi teori ,dilanjutkan dengan materi praktek baik secara drill teknis dan taktis,maka pada kamis sore(28/11/2019) ini puncak latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 044/Gapo secara resmi ditutup oleh Kasiops korem Mayor.Kav Delvi Marico.

Sebelum pelaksanaan penutupan,pada akhir kegiatan terlebih dahulu ke 170 peserta yang berasal dari perwakilan perwakilan kodim melaksanakan latihan berupa geladi lapang.Diawali dengan penjelasan singkat tentang materi dan dilanjutkan dengan pembagian organisasi simulasi penanggulangan Bencana alam,yang disampaikan oleh Perwira Seksi Latihan ,Mayor.Inf.Dian.Dalam hal ini disimulasikan bencana alam berupa bahaya banjir.

Dalam puncak latihan ini,peserta latihan dilatih bagaimana cara penggunaan perahu karet LCR,sebagai alat transportasi di permukaan air,dan diperanggapkan ada korban yang tenggelam.Dan para peserta berupaya menolong nyawa korban dengan memberikan pertolongan pertama berupa bantuan pernafasan buatan dan pelatihan pembuatan posko bencana dan posko pengungsian dengan menggelar tenda tenda peleton dan tenda serba guna yang digunakan sebagai rumah sakit di lapangan.

Pasilat Korem,Mayor Inf Dian menyampaikan,para peserta latihan sekalian agar melaksanakan latihan geladi lapang ini dengan serius dan menjaga faktor keamanan,karena kegiatan latihan ini sudah tidak dituntun lagi oleh pelatih.Dan harapannya ,kegiatan ini berjalan dengan lancar dan aman,tanpa ada kecelakaan latihan.

Setelah rangkaian kegiatan latihan berlangsung dengan aman dan lancer,sebelum mengakhiri kegiatan diadakan kajiulang oleh pasilat dan dilanjutkan pengecekan perlengkapan semuanya,baik personil dan semua alpal yang digunakan.Dan terakhir sekali, dilanjutkan dengan penutupan latihan. (Ril Penrem Gapo)

Popular Posts