KPK N Lirik Puskesdes Desa Lawe Sumur Kec Babul Rahmah Tak Berpungsi " Wabub Agara Terimakasih Informasinya "


Photo: Kondisi Puskesdes Desa Lawe Sumur Kec Babulrahmah, terlihat memprihatinkan.

Mediaadvokasi.Com, Aceh Tenggara.
Puskesdes desa merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat di daerah jauh jangkauan puskesmas atau rumah sakit, namun masih ada puskesdes tidak dipungsikan hingga saat ini.

Dari hasil pantauan media advokasi dengan LSM Komunitas Pemantau Korupsi Nusantara ( KPK- N ) langsung ke puskesdes desa lawe sumur Kecamatan Babul Rahmah, Selasa,  (29/10), yang mana terlihat kondisi puskesdes tersebut sangat memprihatinkan, akibat tidak difungsikan, disekelilingnya semak, plapon pecah, lantai pecah.

Terkait kondisi puskesdes tersebut, kepada dinas kesehatan kabupaten aceh tenggara H.Zainuddin, SKM, M. Kes melalui sekretarisnya, Saiful Habib, SKM, pada Media Advokasi di dampingi LSM KPK Nusantara, Senen (4/11) di ruangkerjanya, sangt menyanyangkan kondisi puskesdes desa lawe sumur tersebut dan lagi bukan itu saja ada lagi puskedes lain yang tidak ditempati bidan desa, hingga kondisi puskesdes tidak terawat dan rusak, sementara bidan desa sudah ditempatkan diseluruh puskesdes dan wajib menempatinya.
Photo: Lantai dan Plapon Puskestes Terlihat Berantakan.

Padahal bidan desa tersebut ada mendapat dana BOK, ujar Sekretaris kesehatan, akan tetapi besaran nilainya tidak disebutkan, akan tetapi bidan yang tidak menempati puskesdes sudah dilaporkan pada Sekda Aceh Tenggara dan ke kementrian kesehatan.

Junaidi Ketua DPC LSM Komunitas Pengawas Korupsi Nusantara ( KPK-N ) Kabupaten Aceh Tenggara, menanggapi tidak dipungsikan beberapa puskesdes di aceh tenggara, sangat menyesalkan apalagi puskesdes merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat didesa, dan bidan sudah ditempatkan, seharusnya bidan tersebut bertanggung jawab untuk melayani masyarakat yang datang berobat, dan lagi bidan setempat bertanggung jawab terhadab kondisi aset daerah dan menjaga serta merawatnya, jadi selama ini mana tanggung jawab bidan tersebut.

Junaidi juga sudah konfirmasi dengan kepala puskesmas lawe sumur kecamatan babulrahmah, melalui telepon seluler,  kepala puskesmas mengatakan sudah dilaporkan kedinas kesehatan kabupaten dan dinas kesehatan provisi aceh, selain itu junaidi juga  konfirmasi pada Buhari, wakil Bupati Aceh Tenggara tanggapannya terkait tidak berfungsinya beberapa puskesdes di aceh tenggara, melalui pesan whats App, Kamis (31/10) wakil Bupati hanya menjawab " Terimakasih Keterangannya " tanggapan Wabub sesingkat itu jelas Junaidi. (IZ)

Popular Posts