Jaga Mutu Profesi, PWI Sumsel Gelar Uji Kompetensi Wartawan


PALEMBANG, MA- Guna meningkatkan kualitas dan Jaga mutu profesi, selama dua hari Organisasi Persatuan Wartawan Indonesi (PWI) Provinsi Sumatera Selatan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), angkatan Ke 29, di Aula Hotel Amaris Palembang, Rabu (20/11).
"Saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Musi Banyuasin dan Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) atas suport dan kerjasamanya, sehingga PWI Sumsel dapat melaksanakan Kegiatan Uji Kopetensi Wartawan angkatan ke 29" ujar Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar ketika sambutan dalam pembukaan kegiatan UKW.

Selanjutnya, Firdaus mengatakan jika nantinya peserta tidak lulus diharapkan kedepannya terus belajar, jangan di jadikan momentum tersebut akhir dari segalanya.


"Jika memang nantinya kita belum berkompeten, maka kita harus belajar lagi dan ini bukan akhir dari segalanya, justru ini awal kita untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas kita," jelas Firdaus.

Laksana gayung bersambut, selanjutnya Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Dicky Meirindo mengatakan, begitu pentingnya UKW dan peningkatan didalam profesi wartawan.


"Pertemuan langsung dengan wartawan seperti ini sangat positif apalagi dalam acara UKW, tugas kami selaku pemerintah tidak gampang dan tentunya butuh suport oleh wartawan khususnya PWI. Begitu penting UKW untuk peningkatan agar profesional, tentunya kami juga selaku pemerintah dan puplik dapat menerima manfaatnya, salah satunya dengan mendapatkan berita atau informasi yang disajikan sesuai dengan kode etik dan hukum pers," kata Dicky.

Kemudian Dicky pun berharap agar kedepannya antara jurnalis dan pemerintah dapat berjalan searah dan harmonis sesuai dengan bunyi Mars PWI.

"Jurnalis tidak boleh ketinggalan dan harus mampu mengikuti teknologi saat ini, Positive Journalist adalah menjalani kode etik dan hukum Pers sesuai dengan ketentuan, dengan demikian akan terwujud hubungan yang harmonis. Terakhir saya kembali mengutip mars PWI, bekerja sama dengan pendukung kita searah, saya berharap PWI bisa searah dengan pemerintah kabupaten Musi Banyuasin," harap Dicky.

Sementara itu, hari berikutnya Ketua PWI Kabupaten Musi Banyuasin Herlin Koisasi yang juga merupakan salah satu peserta UKW Muda ke Madya mengatakan, pesan dan kesannya selama mengikuti UKW.


"Kami sangat berterima kasih sekali, kepada penguji mungkin pengalaman ini adalah pengalaman yang sangat berharga dalam profesi kami sebagai wartawan. Selama dua hari berturut-turut, kemarin dari mulai jam delapan pagi sampai dengan jam lima sore, ditambah lagi hari ini dan ternyata 66% dinyatakan berkompeten oleh penguji, 34% belum berkompeten. Pengalaman ini tentunya akan kami jadikan sebagai salah satu bekal kami di dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai seorang jurnalis," ungkap Herlin di hadapan seluruh peserta, ketika diminta mewakili peserta dalam menyampaikan pesan dan kesan, saat penutupan kegiatan UKW, Kamis 21/11. (Jahri)

Popular Posts