Disdik Gelar Pelatihan Manasik Haji Bagi Anak TK



Mediaadvokasi.com, Kabupaten Gayo Lues - Aceh
Dinas Pendidikan Kabupaten Gayo Lues bekerjasama dengan Bunda Paud dan IG TKI menggelar pelatihan manasik haji, Rabu (13/11/19) di Lapangan Stadion Seribu Bukit  Kp. Bustanussalam, Kec. Blangkejeren.

Kegiatan Manasik Haji diikuti oleh ratusan anak didiik usia TK se-Kabupaten Gayo Lues yang didampingi oleh gurunya masing-masing.

Pada kesempatan itu ketua panitia M Yati melaporkan, kegiatan pelatihan manasik haji ini dilakukan setiap tahun sejak tahun 2009. Acara ini diprakarsai oleh Dinas Pendidikan melalui Bidang Paud dan PNF dan IG TKI Gayo Lues. Biasanya kegiatan pelatihan manasik ini digelar per gugus (sekitar 200 orang).

Biasanya, Biaya kebutuhan dibebankan kepada wali murid namun tahun ini difasilitasi oleh Dinas Pendidikan. Jumlah peserta sekira 800 anak TK se-Kabupaten Gayo Lues yang terdiri dari 19 kloter. Kegiatan ini sudah tercantum pada kurikulum TK dan Paud.

"Kami menyadari anak-anak ini adalah generasi emas, kalau kita berikan kepada mereka hal buruk maka kedepan ia akan menjadi buruk namun apabila kita ajarkan hal baik maka kedepan ia akan baik. Artinya karakter anak ini tergantung dari pendidikan yang ia terima/pelajari saat usia dini. Dan ini adalah tanggung jawab kami selagi ia masih usia TK dan Paud namun nanti di usia SD dan seterusnya itu tergantung dengan orang tua dan gurunya masing-masing," kata Yati.

Usman, S. Ag Kabid Paud dan PNF pada Dinas Pendidikan mengatakan, kegiatan pelatihan manasik haji ini merupakan janji Bunda Paud  tahun lalu,  seluruh anak TK yang akan melakukan pelatihan manasik haji akan difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Gayo Lues, dan Alhamdulullah ini sudah kita laksanakan

"Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Disas Pendidikan, Bunda Paud, dan IG TKI. Kami apresiasi kegiatan ini semoga kegiatan semacam ini dapat terus dikembangkan dikemudian hari," kata Usman.

Sementara itu Bunda Paud Hj. Hartati Amru yang diwakili oleh Ketua Pokja Masdalena Thalib mengatakan, tujuan pelatihan manasik haji ini adalah membentuk karakter mereka sehingga menjadi manusia yang unggul, berguna untuk negeri ini. Mereka inilah yang nantinya menentukan maju mundurnya, baik buruknya negeri ini 20 tahun dimasa yang akan datang. Untuk itu kita berharap kepada narasumber/tutor berikanlah yang terbaik kepada mereka, sehingga dapat menjadi kenangan manis ketika dewasa kelak. Selanjutnya kami juga berharap kepada panitia penyelenggara yaitu Dinas Pendidikan agar kedepan tetap diagendakan kegiatan seperti ini, kegiatan pelatihan manasik haji ini terus dilaksanakan rutin setiap tahun.

"Selanjutnya hasil dari kegiatan ini agar di evaluasi sehingga lebih bermakna dan menjadikan anak negeri ini tumbuh dan berkembang, bisa bersaing pada era globalisasi yang menuntut kita lebih handal, profesional, dan bermoral," kata Masdalena.

Kegiatan pelatihan manasik haji tersebut dihadiri oleh ketua Pokja Masdalena Thalib, Usman, S. Ag Kabid Paud dan PNF pada Dinas Pendidikan, wakil ketua Pokja 1 (Kepala BP3AP2KB) Yulidar, SE beserta anggota, Darmawanita Bidang pendidikan, Hasbullah, S. Ag Kasi penyelengara haji dan umrah pada Kemenag Gayo Lues yang sekaligus sebagai tutor pada pelatihan manasik haji. (Mahara).

Popular Posts