Bupati, Dekranasda Wajib Pertahankan Mutu Produk Unggulan



Gayo Lues-Aceh. Mediaadvokasi.com,
Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru berharap Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Gayo Lues agar dapat mengembangkan produk lokal unggulan yang dihasilkan oleh petani dan pengrajin. Seperti Kerawang Gayo, Kopi Gayo, dan makanan khas Gayo.

"Di jaman era globalisasi ini merupakan tantangan bagi kita selaku pelaku usaha kerajinan, bersaing secara sehat, kualitas produk menjadi kunci suksesnya wirausahawan. Bila mutu tidak berkualitas produk bisa dikuasai oleh pihak lain.

Oleh karenanya, pembinaan secara intens perlu dilakukan oleh Dekranasda dan Dinas Perindustrian untuk menjaga mutu produk semakin baik. Bimbing masyarakat pedesaan (pelaku usaha) untuk memproduksi dan memasarkan hasil produk sampai ke manca negara. Sehingga orang desa bisa menjadi wirausahawan yang menembus pasar dunia.

Hal ini disampaikanya saat membuka pameran Dekranasda tingkat Kabupaten Gayo Lues, Senin (4/11/19) di Pelataran Parkir Gedung Bale Musara Blangkejeren.

Bupati menuturkan, bila kita tidak memperhatikan mutu, tidak menutup kemungkinan kita akan membeli kerawang gayo dari luar negeri. Kenapa, karena mutu produk lebih bagus. Akhirnya kerawang gayo dari Kabupaten Gayo Lues tinggal nama. Hal yang sama juga dengan pertanian kita seperti kopi, kopi gayo sudah ditanam di luar daerah.  Hati-hati nama kopi gayo juga menjadi milik luar daerah bila mutunya tidak lebih baik, jangan sampai ini terjadi.  Demikian juga dengan tari Saman, sekarang saja tari Saman dari Kabupaten Aceh Besar sudah terlihat bagus.

Setiap pengrajin harus selalu menjaga mutu kualitas suatu produk, terutama kerawang Gayo, buat kemasan dan tampilan mewah, teruslah berinovasi dan berkreasi untuk meningkatkan daya beli.

"Produk unggulan seperti kerawang gayo yang dibina Dekranasda ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat karena nantinya produk unggulan ini merupakan bahan produksi yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat," kata H. M Amru. (Mahara).

Popular Posts