Seluas 26 Ha Lahan Hutan Gunung Malabar Terbakar

Bandung, MA– Seluas 26 haktater lahan hutan di areal Gunung Malabar, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung terbakar. Kebakaran berawal dari rumput alang-alang yang kemudian menyambar pepohonan kaliandra.

“Kini luas yang terbakar mencapai 26 hektar lahan hutan. Saat ini sudah di minimalisir agar tidak meluas,” kata  Tedy Sumarto,Petugas KPH Perhutani Bandung Selatan, Rabu (9/10/19).

Dalam proses pemadaman, tim SAR yang terlibat mencapai 200-an  orang. “Ada dari Instansi Perhutani, juga TNI dan Polri, Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD Kabupaten Bandung, serta relawan yang ikut terjun dalam proses pemadaman,” ungkapnya.

Saat ditanya perihal penyebab kebakaran hutan, Tedy mengatakan pihaknya masih melakukan pendalaman bersama Polri. “Untuk penyebab masih didalami, yang jelas saat proses pemadaman ini, terkendala oleh kondisi cuaca serta topografi,” jelasnya.

Meski berada di puncak gunung, dengan ketinggian 1.900 MDPL (meter di atas permukaan laut), pihaknya terus melakukan pemadaman. “Pemadaman secara manual, petugas juga membawa peralatan seperti cangkul dan golok untuk memilah ranting yang kering agar tak terbakar,” katanya.

Menurutnya pemadaman sudah dilakukan sejak malam Minggu hingga Saat ini dengan membuat hilaran. “Karena Medan yang terjal, maka pemadaman dilakukan dengan membuat hilaran di atas Puncak Gunung,” pungkad Tedy.(yon/ist)

Popular Posts