Polres Gayo Lues Laksanakan Apel Gelar Pasukan Zebra Rencong-2019



Mediaadvokasi.com, Kabupaten Gayo Lues - Aceh
Polres Gayo Lues melaksanakan Apel Pasukan Operasi Zebra Rencong-2019, dengan tema "Meningkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Masyarakat Guna Mewujudkan KAMSELTIBCARLANTAS", Rabu (23/10/19) di halaman Mapolres setempat. Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Gayo Lues AKBP Rudi Setiawan, S.I.K, M. Si yang diikuti oleh Wakapolres Kompol Andiyano, SKM beserta jajaran, Perwira Kodim 0113/Gayo Lues dan jajaran, Kepala Dinas Perhubungan Noval, SP dan jajaran, Senkom Gayo Lues Hendri Sujatmiko, Danki 4 Batalion C Pelopor Iptu Faisal, Ketua Organda Gayo Lues Zulkifli, BSC, Satpol PP dan WH, Ka Cabang PT. Jasa Raharja Gayo Lues Bpk Ahmadi, Dan Unit Aju POM Gayo Lues, dan anggota Pramuka Kwarcab Gayo Lues,

Dalam apel tersebut Kapolres memeriksa barisan satu persatu, kemudian menyemat pita tanda operasi kepada 3 petugas yang mewakili satuanya masing-masing, yaitu Polantas, Dinas Perhubungan, dan Polisi Militer. Selanjutnya Kapolres membacakan kata sambutan dari Kapolda Aceh Irjenpol Drs. Rio Septianda Djambak.

Dalam sambutan Kapolda, Kapolres mengatakan, perlu diketahui bersama berdasarkan data analisa dan evaluasi pelaksanaan Operasi Zebra Rencong Tahun 2017 dan 2018 di wilayah hukum Polda Aceh, yaitu Tahun 2017 terdapat 37 kejadian dan tahun 2018 juga terjadi 37 kejadian dengan korban meninggal dunia terjadi penurunan 38%, untuk tahun 2017 sejumlah 24 orang dan tahun 2018 turun menjadi 15 orang. Selain itu selama pelaksanaan Operasi Zebra Rencong tahun 2018 juga terdapat 12.759 kasus pelanggaran. Yang diselesaikan dengan tilang sebanyak 10.887 kasus dan teguran sebanyak 1.872 kasus, harapanya kedepan angka tersebut dapat terus menurun dari tahun ke tahun. 

Tingginya angka kecelakaan lalulintas tersebut sangat berkolerasi terhadap jumlah fatalitas korban, baik korban meninggal dunia, luka berat, maupun luka ringan. Guna mengatasi permasalahan lalulintas tersebut perlu dilakukan berbagai upaya untuk mewujudkan situasi Kamseltibcarlantas.

Demi terwujudnya Kamseltibcarlantas yang lebih kondusif Polri, khususnya Polisi Lalulintas yang didukung oleh satuan fungsi lainya serta melibatkan para pemangku kepentingan, akan melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi "Zebra Rencong 2019" yang diawali dengan apel gelar pasukan pada masing-masing daerah.

"Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan dalam rangka mengawali pelaksanaan Operasi Zebra Rencong Tahun 2019 bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainya guna mendukung pelaksanaan operasi yang akan digelar mulai tamggal 23 Oktober-5 November 2019 dijajaran Polda Aceh sehingga diharapkan kegiatan operasi berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan target serta sasaran yang telah ditetapkan. Selain itu operasi ini dilaksanakan juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan Kamseltibcarlantas di Provinsi Aceh," kata Kapolres membacakan sambutan

Kapolres melanjutkan, ditinjau dari faktor kecelakaan lalulintas di jalan raya, faktor manusia atau pengemudi memiliki andil yang besar. Oleh karena itu pada pelaksanaan Operasi Zebra Rencong 2019 kali ini beberapa pelanggaran yang berpotensi terhadap kecelakaan perlu mendapat perhatian untuk dijadikan sasaran prioritas operasi, antara lain:

1. Pengemudi sepeda motor tidak menggunakan helm sesuai standar

2. Pengemudi ranmor yang tidak menggunakan Safty Belt

3. Pengemudi ranmor yang melawan arus

4. Mabuk saat mengemudikan ranmor

5. Menggunakan HP saat mengemudikan ranmor

6. Pengendara kendaraan bermotor masih dibawah umur

7. Berkendara dengan kecepatan diluar batas yang telah ditentukan

8. Kelengkapan administrasi pengemudi dan kelengkapan ranmor, dan

9. Sasaran lainya yang berpotensi terhadap terjadinya kecelakaan lalulintas.

Dari 9 poin diatas, Kapolres mengatakan di Gayo Lues sedikitnya ada 4 poin yang sering dilanggar oleh pengendara yaitu, melawan arus, menggunakan HP saat mengemudikan kendaraan, pengendara kendaraan dibawah umur, dan tidak memakai helm. (Hendri)

Popular Posts