Petani Kakao Gelar Diskusi Publik 'Duek Pakat'



Mediaadvokasi.com, Kabupaten Gayo Lues -Aceh

Petani kakao Forum Kakao Aceh (FKA) menggelar diskusi publik 'Duek Pakat' di Kp. Ramung Musara Kec. Putri Betung, Rabu (14/10/19). Dengan tema "Peran Pemuda Milenial Untuk Meningkatkan Produksi dan Nilai Tambah Kakao" itu diikuti oleh 300 peserta.

Hadir diantaranya Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani, Sekda Gayo Lues H. Thalib, S.Sos, MAP, Para Asisten, Staf Ahli Bupati Gayo Lues, Ketua Forum Kakao Aceh Ir. Teuku Iskandar, MS, Para Kepal SKPK, Gayo Lues dan Kepala Distanbun Aceh A. Hanan, SP. MP.

Untuk terus berkontribusi peningkatan produksi dan kualitas kakao, Forum Kakao Aceh (FKA) terus melakukan sinergi dan konsolidasi dengan para pihak terkait. Salah satu upaya menggandeng para pihak tersebut adalah melalui kegiatan diskusi publik  “Duek Pakat”. Meskipun FKA merupakan Lembaga non pemerintah, namun forum ini bisa menjembatani petani kakao dengan pemerintah maupaun dengan pihak lain. FKA juga berperan melakukan sosialisasi, koordinasi dan fasilitasi dengan berbagai stakeholders terkait untuk kemajuan petani kakao, peningkatan produksi dan kualitas kakao, sehingga pasar kakao Aceh dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Dinilai, komoditi kakao merupakan komoditi unggulan di Aceh, termasuk di Gayo Luas khususnya Kecamatan Putri Betung, tanaman yang satu ini mampu menopang perekonomian petani aceh, dengan demikaian peningkatana kualitas kakao dan produksinya harus ditingkatakan, salah satunya melaui FKA. (Mahara).

Popular Posts