Dinas Pangan dan Perikanan Gelar Pelatihan Diversifikasi Pangan



Mediaadvokasi.com Gayo Lues-Aceh.
Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Gayo Lues menggelar kegiatan pelatihan diversifikasi pangan, Senin (14/10/19) di Aula kantor dinas setempat yang dibuka oleh Kepala Dinas Pangan dan Perikanan melalui sekretaris Dedi Hamdani, SP

Sejumlah Ibu Rumah Tangga (IRT) yang terdiri dari 10 pengurus kelompok tani wanita dari Kecamatan Kutapanjang, Dabun Gelang, Blangjerango, dan Kecamatan Blangkejeren mengikuti pelatihan Diversifikasi (Menganeka ragaman) pangan tingkat rumah tangga.

Dedi menyampaikan, tujuan pelatihan ini agar para peserta mampu mengelola dan serius menata lahan pekarangan dengan menanami beraneka ragam tanaman, untuk memenuhi kebutuhan pangan ditingkat rumah tangga.

Bila hasil tanaman berlebih, para ibu rumah tangga bisa menjualnya, sehingga dengan demikian bila sudah dikelola dengan baik, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tanga, perogram ini bisa menambah penghasilan dan mengurangi pengeluaran.

Kelompok wanita ini nantinya akan mendapat bantuan berupa bibit tanaman dari dinas pangan dan perikanan bersumber dari anggaran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), diharapakan penerima bantuan nanti bisa memanpaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Ibu-ibu yang sudah mengikuti pelatihan ini diharapkan mampu merangkul anggota kelompok dan mengola pekarangan, dilaksanakan dan disesuaikan dengan lahan yang ada” katanya. (Mahara).

Popular Posts