Bupati Bener Meriah, Deputi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian dan Dirut PT. GGP Bahas Pengembangan Hortikultura Beroreantasi Ekspor



Mediaadvokasi.com Bener Mariah-Aceh.
Redelong,  Guna menindaklanjuti  kerja sama ketahap berikutnya, Bupati Bener Meriah Tgk. H. sarkawi  selalu intesn menjalin komunikasi dengan PT Great Giant Pineapple  (PT.GGP) dan difasiltasi oleh Kemenko Perekonomian, mulai dari tahap awal tentang penjajakan dan Survei  lahan sampai ketahap mempersiapkan  MOU dan terakhir adalah  Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi diundang langsung oleh Deputi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian  RI untuk membahas pengembangan Hortikultura beroreantasi Ekspor bertempat diruang Rapat Besar Menko, Lantai 4, Gedung Ali Wardhana, Jln. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat, Selasa, 8/10/2019.

Hal  tersebut dilakukan dalam rangka percepatan implemetasi pengembangan Hortikultura untuk mendorong peningkatan ekspor dan ekonomi daerah dengan meilbatkan Pemerintah Daerah dan Masyarakat (Petani).

Melalui kabag Humas dan Protokol Setdakab Bener Meriah Wahidi, S.Pd. MM Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi mengatakan, Hortikultura, memiliki nilai ekonomi tinggi dan potensi pasar yang masih terbuka lebar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.  Kita ambil contoh kecil saja, misalnya tentang buah-buahan ini merupakan salah satu komoditas yang memberikan kontribusi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dan juga akan meningkatkan PAD daerah kita, ujasr Kabag Humas tersebut.

Sambung Wahidi, Meski demikian, masih terdapat beberapa tantangan dalam pengembangan hortikultura, antara lain: kita masih kekurang terkait dengan sumber daya manusia (SDM) dan kelembagaan petani masih lemah, keterbatasan modal, pendampingan dan inovasi teknologi masih lemah, daya saing yang rendah, serta kurangnya akses pasar, ungkap Wahidi.

“Solusinya perlu ada kerja sama kemitraan yang dapat membantu petani dalam merancang pola produksi hingga pemasaran di dalam negeri maupun ekspor, supaya petani kita menjadi lebih mandiri, tangguh dan bisa bersaing di pasar global, salah satunya adalah dengan PT. GGP itu”, tutup Wahidi.

Hadir dalam pertemuan tersebut selain Deputi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian juga hadir Direktur  Utama PT. GGP, Bupati Gorontalo, Bupati mandailing Natal dan Bupati Lingga dan perserta lainnya. (Pujo)red.

Popular Posts