Upaya Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa, DPMD Muba Gelar Pelatihan


MUBA, MA- Guna meningkatkan kinerja Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kabupaten Musi Banyuasin menggelar pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), di Aula Desa Sungai Batang, Kecamatan Sekayu, Selasa 03/09/19.
Kegiatan peningkatan kapasitas perangkat desa tersebut, di hadiri langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Kabupaten Musi Banyuasin, H. Richard Chayadi, AP.,M,Si, Kepala Desa Sungai Batang, Imran SH, dan seluruh perangkat Desa BPD dan LPM Desa Sungai Batang.

Kadis DPMD Kabupaten Musi Banyuasin, H.Richard Chayadi, AP .M,Si, dalam sambutannya, mengatakan di dalam pemdes harus mengedepankan kerja sama antara perangkat Desa.


"Harus ada kerja sama antara Pemerintah Desa, BPD dan LPM dan harus megerti perannya masing - masing, agar dapat membawa Desanya semakin maju dan dikenal," Ujar Richard.

Lanjut Richard, Kepala Desa adalah pemimpin tertinggi diwilayahnya dan harus mempunyai kemampuan, keberanian, gagasan dalam memimpin pemerintahan di Desa.

"Kepala Desa harus punya keberanian, dalam membuat terobosan - terobosan agar bisa mendukung pemerintah dalam segala lini dan harus ada harmonisasi bersama BPD dan LPM," Ungkap Richard.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Batang, Imran, SH, mengatakan harapannya seusai pelatihan tersebut dapat meningkatkan kinerja perangkat Desa.


"Kegiatan pelatihan ini, bertujuan agar semakin meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa, lembaga, dan aparat - aparat desa dalam proses penyelenggaraan pemerintah Desa dan pelaksanaan pembangunan di Desa," Kata Imran.

Lebih lanjut," Dan semoga dengan pelatihan ini bisa membawa perangkat Desa lebih baik lagi, dan jangan sampai antara Kades dan BPD ada yang salah beranggapan terutama tentang Dana Desa," Harap Imran. (Jahri)

Popular Posts