Puluhan Masyarakat Banda Masen & Elemen Sipil Bersihkan Makam Bersejarah, Tgk.Lhokseumawe,


Mediaadvokasi.com,Lhokseumawe-Aceh. 
Masyarakat Banda Masen bersama elemen sipil lainnya melaksanakan aksi pembersihan dan pemugaran makan bersejarah "Teungku Lhokseumawe" pada Minggu (22/09). Kegiatan ini merupakan bagian dari perhatian generasi muda untuk mengingat sejarah masa lalu kerajaan Samudra Passai. Hadir dalam aksi sosial ini antara lain, Karang Taruna TENGKU, GEMBI IAIN (Generasi Baru Iindonesia), MOSA (Modal Bangsa Arun), Pelisa (Pemuda Peduli Sejarah) dan aktivis permehati sejara Islam.

Ketua Karang Taruna TENGKU Lhokseumawe, Azhari T Ahmadi dalam siaran persnya mengungkapkan bahwa, Teungku di-Lhokseumawe diperkirakan hidup dan menjadi syuhada dalam perang kaum muslimin pada abad ke 14 (1398 m), urai Azhari.

Teungku Lhokseumawe, sambung Azhari,  juga dianggap sebagai ulama yang membangung pusat Kota Lhokseumawe yang kini berlokasi di sepanjang sungai Cunda (Gampong Banda Masen). Kawasan ini dijadikan sebagai Kota pelabuhan dan pelayaran para mualim kerajaan Samudra Passai abad ke 13 dan 14 M.

Saat ini, nama Teungku di-Lhokseumawe ditabalkan sebagai nama Kota Lhokseumawe, "mari bersinergi membangun Kota kita dalam ber-edukasi pada sejarah masa lalu, kedepan harus terus menggali ilmu tentang perlunya mengingat sejarah agar generasi tidak lupa pada sejarah nya, harap anggota DPRK Lhokseumawe ini mengakhiri. (Om Bil).

Popular Posts