Produksi Ikan di Jawa Barat Capai 1,4 Juta Ton

Bandung, MA– Produksi ikan di Jawa Barat tahun ini diperkirakan akan mencapai 1,4 juta ton. Dari jumlah itu sebanyak 1,2 juta ton berasal dari produksi ikan budidaya darat, sisanya merupakan hasil tangkapan di laut.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat Jafar Ismail mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan jumlah produksi ikan, terutama ikan tangkapan dilaut dengan menggandeng berbagai pihak.

“Kami bekerjasama dengan perusahaan swasta untuk menyediakan alat deteksi ikan atau semacam GPS. Dengan cara ini hasil tangkapan ikan laut dapat meningkat hingga 10 kali lipat,” tegasnya dalam acara JAPRI di Depan Museum Gedung Sate, Kamis (19/9/2019).

Upaya produksi ikan juga terus dilakukan, misalnya dengan meningkatkan pembuatan bibit ikan yang lebih cepat besar dan tahan penyakit, yang dibagikan kepada para petambak di Jawa Barat.

“Kita siapkan benih ikan unggul, cepat tumbuh besar dan tahan penyakit,” jelasnya.

Disisi lain , peningkatan produksi ikan juga harus dibarengi dengan peningkatan konsumsi ikan . Konsumsi ikan di Jawa Barat saat ini mencapai 29,6 kg per kapita/tahun, masih lebih rendah dari nasional yang mencapai 50 kg per kapita/tahun.

“Tapi tahun ini ada peningkatan, dimana tahun sebelumnya konsumsi hanya 0,8 kg per kapita/tahun. Itu karena keberhasilan dari program Gemar Makan Ikan yang digalakan,” tegasnya.

Salah satu upayanya adalah dengan membuat makanan olahan berbahan dasar ikan. Dengan cara itu maka konsumsi ikan dapat semakin meningkat terutama oleh anak-anak. “Anak-anak sejak usia TK harus suka makan ikan, caranya dengan membuat olahan makanan dari ikan, seperti nuget ikan, dan lain-lain,” tuturnya.(yon)

Popular Posts